Doa Bangun Tidur, Tulisan Arab, Terjemahan, dan Juga Adabnya

4 Januari 2023 17:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang bangun tidur. (Sumber: Freepik/lookstudio)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

 Selain doa bangun tidur, Islam juga menganjurkan umatnya untuk membaca doa bangun tidur. Hal ini sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT untuk nikmat hidup yang masih diberikan.

Keutamaan doa setelah bangun tidur dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari berikut.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ  سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْـبَرُ ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ رَبِّ اغْفِرْ لِي

Artinya: "Nabi berkata: 'Barang siapa yang bangun di malam hari dan kemudian berkata:'Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, sendirian tanpa sekutu, milik-Nya kedaulatan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu sepenuhnya mampu. Betapa sempurnanya Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, Allah Maha Besar dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah, Yang Maha Tinggi.' 

“dan kemudian berdoa: 'Ya Tuhanku ampunilah aku. … akan diampuni' dia akan dijawab. Jika dia kemudian berwudu dan berdoa, doanya akan diterima'”.

Mengutip kitab Bidayatul Hidayah karangan Imam Al-Ghazali, ada beberapa adab yang dilakukan seorang muslim saat bangun tidur selain berdoa. 

Pertama, usahakan bangun sebelum waktu salat subuh. Kedua, berzikir kepada Allah SWT seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadis riwayat Tirmidzi berikut.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.

Adab bangun tidur terakhir adalah berniat mengikuti perintah Allah untuk menutup aurat dan tidak ada niatan untuk memperlihatkannya kepada orang lain ketika memakai pakaian.

Doa Bangun Tidur

Setelah mengetahui adab bangun tidur, berikut ini merupakan doa yang dianjurkan dilafalkan setelah terbangun di pagi hari.

1. Doa bangun tidur pendek

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat”.

2. Doa bangun tidur panjang

الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR