Doa Berlindung dari Pergaulan Jahat dalam Lafal Arab dan Terjemahannya

2 Februari 2024 07:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim mengamalkan doa berlindung dari pergaulan jahat. (Sumber: Pexels/Anastasia Shuraeva)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa dapat menjadi salah satu cara berlindung dari pergaulan jahat bagi seorang muslim. Islam sendiri mengajarkan umatnya agar selalu berkumpul dengan orang-orang saleh dan menjauhi kemaksiatan, kendati larangan tersebut menyenangkan.

Pergaulan jahat, dalam hal ini, adalah pergaulan yang bertentangan dengan syariat maupun norma-norma agama Islam, baik dalam hal perbuatan yang sering dilakukan maupun apa yang sering dibicarakan.

Setiap muslim penting untuk membentengi diri dari pengaruh buruk dalam pergaulan karena pada akhirnya hanya dirinyalah yang akan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan semasa hidup di dunia.

Ketika berhadapan dengan Allah di hari akhir kelak, Islam percaya bahwa tak ada penolong bagi siapapun yang melakukan kejahatan dan pelanggaran syariat semasa di dunia. Semuanya dibalas secara setimpal.

Doa berlindung dari pergaulan jahat

Mengutip dari laman NU Online, berikut adalah doa-doa yang dapat diamalkan agar terlindung dari godaan pergaulan yang jahat.

1. Doa berlindung dari pergaulan jahat versi pertama

 اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ صَاحِبِ غَفْلَةٍ وَمِنْ جَارِ سُوْءٍ وَمِنْ زَوْجٍ يُؤْذِيْ

Allāḥumma innī a‘ūdzu bika min shāhibi ghaflatin wa min jāri sū’in wa min zawjin yu’dzī.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari sahabat yang lalai agama, tetangga yang jahat, dan pasangan yang menyakiti,” (Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 29)

2. Doa berlindung dari pergaulan jahat versi kedua

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِىْ، وَمِنْ شَرِّ بَصَرِىْ، وَمِنْ شَرِّلِسَانِيْ، وَمِنْ شَرِّقَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّ قَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّمَنِيِّيْ

Alloohumma innii a'uudzubika min syarri sam'ii, wa min syarri bashorii, wa min syarri lisaanii, wa min syarri qolbii, wa min syarri maniyyii.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari keburukan pendengaranku, kejahatan penglihatanku, keburukan lidahku, keburukan hatiku dan keburukan air maniku." (HR.Abu Dawud no.1551, at-Tirmidzi no.3492)

3. Doa berlindung dari pergaulan jahat versi ketiga

اَللَّهُمَّ جَنِبْنِيْ مُنْكَرَاتِ اْلأَخْلاَقِ، وَاْلأَهْوَاءِ، وَاْلأَعْمَالِ، وَاْلأَدْوَاءِ

Alloohumma janibnii munkarootil akhlaaqi, wal ahwaa i, wal a'maali, wal adwaa i.

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah aku dari berbagai kemungkaran akhlak, hawa nafsu, amal perbuatan dan segala macam penyakit.” (HR. Al-Hakim dan dia mengatakan hadis tersebut sahih dengan syarat Muslim)

4. Doa berlindung dari pergaulan jahat versi keempat

 اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا عَمِلْتُ، وَمِنْ شَرِّمَالَـمْ أَعْمَلْ

Alloohumma innii a'uudzubika min syarri maa 'amiltu, wa min syarri maa lam a'mal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku kerjakan dan dari keburukan apa yang belum aku kerjakan." (HR.Muslim [4/2085] no. 2716)

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR