Bacaan Doa Haji Mabrur: Arab, Latin dan Terjemahannya

13 Mei 2024 18:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi ibadah haji. (Sumber: Pexels/Muhammad Khawar Nazir)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Menjadi haji yang mabrur merupakan dambaan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji, oleh karenanya terdapat doa haji mabrur yang sebaiknya dihafalkan setiap calon haji.

Pada dasarnya, status mabrur seorang haji tidak serta merta datang secara tiba-tiba namun diamalkan dan dipanjatkan.

Menurut bahasa, haji mabrur adalah haji yang diterima oleh Allah Swt. Sedangkan menurut istilah, haji mabrur adalah haji yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, dengan memperhatikan berbagai syarat, rukun, dan wajib, serta menghindari hal-hal yang dilarang.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad saw. menerangkan bahwa balasan bagi haji mabrur adalah surga:

 الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّة

Artinya: “Tidak ada balasan (yang pantas diberikan) bagi haji mabrur kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa haji mabrur

Sebagai upaya memperoleh haji yang mabrur, para jemaah haji dapat mengamalkan doa berikut ini.

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ رَجْمًا لِلشَّيَاطِينِ وَرِضًا لِلَّرْحْمَنِ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجًّا مَبْرُورًا وَسَعْياً مَشْكُورًا

Bismillaahi wallahu akbar, rajman lisysyayaathiini wa ridhan lirrahmaani allhummaj'al hajjan mabruuran wa sa'yan masykuuran.

Artinya: "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, kutukan bagi segala setan dan ridha bagi Allah Yang Maha Pengasih, Ya Allah Tuhanku, jadikanlah hajiku ini haji yang mabrur dan sa'i yang diterima."

Selain doa tersebut, jemaah haji juga dapat mengamalkan doa berikut ini untuk memohon diberikan haji yang mabrur oleh Allah Swt.

اللهم اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَةَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَةَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ.

Allahumaj'al hajjana hajjan mabruura, wa 'umratan 'umratan mabruura wasa'yanaa sa'yan masykuuraa wa dzanban dzanban maghfuura wa 'amalanaa 'amalan shaalihan maqbuulaa wa tijaaratan lan tabuura yaa 'aalima maa fish shudur akhrijnaa minadh dhulumaati ilan nuur.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima), umrah kami umrah yang mabrur, sa'i kami sa'i yang disyukuri, doa kami dosa yang diampuni, amal kami amal saleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Zat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kezaliman menuju cahaya (keimanan)."

Kriteria menjadi haji mabrur

Ketika ibadah haji yang dilaksanakan diterima oleh Allah Swt., umat Islam akan diberikan keberkahan dalam hidupnya berupa:

  • Ikhlas melaksanakan ibadah,
  • Menghindari larangan-larangan Allah Swt.,
  • Memberikan makan orang lain dan berucap yang baik,
  • Suka menebar kebaikan dan kedamaian,
  • Menjauhi harta haram apalagi sampai memakannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR