Doa Keluar Kamar Mandi dengan Lafaz Arab, Latin dan Artinya

1 Februari 2023 07:02 WIB

Narasi TV

Seorang Muslim melaksanakan salat Idul Adha di kota Kolkata, India timur 9 Desember 2008. REUTERS/Parth Sanyal

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Salah satu adab yang diajarkan Islam adalah membaca doa keluar kamar mandi, selain itu saat keluar kamar mandi dianjurkan untuk mengalahkan kaki kanan terlebih dahulu.

Membaca doa keluar kamar mandi bertujuan agar siapapun yang membacanya dapat terhindar dari segala pikiran kotor dan godaan setan yang ada di toilet.

Hal tersebut dikarenakan kamar mandi atau WC merupakan tempat tinggal bagi iblis dan setan.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam AS yang tinggal di bumi. 

“‘Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’ kata iblis. Allah SWT berfirman, ‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).,” (HR Bukhari).

Doa keluar kamar mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ

Ghufrānakal ḥamdu lillāhil lażī ażhaba ‘annil ażā wa ‘āfānī.

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku dan menjaga kesehatanku.”

Doa keluar kamar mandi versi panjang

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya:" Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

Kata ghufrānaka pada doa di atas merujuk pada Kitab Sunan Abi Dawud dan Sunan At-Tirmiżi.

 ثم سبب الحمد في هذا المقام ترادف الفضل والإنعام على المتبرز بإزالة ضرر ما في جوفه الذي لو بقي منه أدنى شيئ لأضرّ إضرارا بينا

Artinya, “Sebab tahmid atau hamdalah pada konteks ini setara dengan keutamaan dan syukur nikmat atas keluarnya zat yang akan mengganggu metabolisme tubuh bila tetap bertahan di dalamnya. (al-Futūhāt al-Rabbāniyyah ‘alā al-Ażkār al-Nawāwiyyah, juz I/404).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR