Doa Meminta Jodoh Terbaik Menurut Islam, Lengkap dengan Lafal Arab dan Terjemahannya

10 Feb 2023 18:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sepasang kekasih. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Melafalkan doa meminta jodoh bisa jadi salah satu ikhtiar seorang muslim agar segera dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut Allah SWT.

Seringkali keinginan menikah para jomlo tak sejalan dengan kenyataan yang didapati. Meskipun sudah ingin menikah, tak sedikit orang yang tak kunjung bertemu dengan orang yang pas.

Apalagi ketika orang tua dan sanak saudara selalu menanyakan kapan akan menikah atau tak kunjung memperkenalkan calon pasangan.

Keadaan tersebut, lama kelamaan, bisa membuat kita jadi frustasi dan uring-uringan.

Namun, sebagai seorang muslim, kita tidak perlu khawatir. Hal tersebut karena jodoh merupakan salah satu hal yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Asy Syura ayat 11 berikut ini.

فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّمِنَ الْاَنْعَامِ اَزْوَاجًاۚ يَذْرَؤُكُمْ فِيْهِۗ لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ - ١١ 

Faathirus samaawaati wal ardhi ja'ala lakum min angfusikum azwaajaw waminal'an'aami azwaajaa. Yadzra ukum fiihi laisa kamitslihii syaiun wahuwas samii'ul bashiir.

Artinya, “(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Asy Syura ayat 11).

Akan tetapi, meskipun jodoh telah digariskan oleh Allah SWT, kita sebagai manusia juga perlu berusaha untuk menemukan jodoh, salah satunya adalah dengan berdoa kepada Sang Maha Pencipta.

Lantas seperti apa doa meminta jodoh menurut Islam? Berikut adalah doa-doanya

Doa meminta jodoh terbaik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa meminta jodoh untuk laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa meminta jodoh untuk perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa meminta jodoh untuk yang sudah lama menunggu

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِين

Rabbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waritsina.

Artinya: "Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Zat Maha Waris Paling Baik."

Doa Meminta Jodoh (Nabi Musa)

Doa ini didapatkan dari Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhar, Tarim, Hadramaut, Yaman yang mengutip doa yang dipanjatkan Nabi Musa berikut.

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ 

Rabbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr.

Artinya, “Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (Surat Al-Qashash ayat 24).

Baca Al-Quran Online 30 Juz dengan Terjemahan Bahasa Indonesia, Latin, Tanda Waqaf & Tafsir Ayat dengan lengkap, mudah dan praktis hanya di Narasi Ramadan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER