Bacaan Doa untuk Menyembuhkan Sakit Diri Sendiri Menurut Ajaran Rasulullah SAW

24 Jul 2024 17:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi berdoa. (Sumber: Pexels/Thirdman)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit, selain melakukan pengobatan secara medis, kita sebagai seorang muslim juga dianjurkan untuk membaca doa menyembuhkan sakit diri sendiri.

Doa ini adalah bentuk permohonan kepada Allah agar lekas diberi kesehatan dan segera mengangkat penyakit yang ada di dalam tubuh.

Selain menganjurkan doa, Islam juga mengajarkan bahwa meskipun sakit, seorang muslim tidak seharusnya bersedih terlalu dalam.

Hal tersebut dikarenakan sakitnya orang muslim dipercaya memiliki hikmah. Hal ini, sebagaimana dijelaskan Rasulullah saw. dalam sebuah hadis berikut:

إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ الْمُؤْمِنُ أَوْحَى اللَّهُ إِلَى مَلَكِهِ أَنِ اكْتُبْ لِعَبْدِي أَجْرَ مَا كَانَ يَعْمَلُ فِي الصِّحَّةِ وَالرَّخَاءِ إِذْ شَغَلْتُهُ، فَيَكْتُبُ لَهُ

Artinya: Jika ada hamba beriman yang sakit, Allah memberikan wahyu kepada malaikat-Nya “Tulislah untuk hambaku pahala sebagaimana pahala atas amal yang ia kerjakan saat sehat sejahtera ketika aku membuat dia sibuk.” Lalu malaikat kemudian mencatatnya (At-Targhîb fî Fadlâilil A’mâl: 397). 

Doa menyembuhkan sakit diri sendiri

Melansir dari NU Online, Rasulullah saw. mengajarkan doa yang dapat dibaca bagi umatnya yang merasakan nyeri sembari memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang nyeri. 

Berikut ini adalah doa yang dianjurkan berdasarkan riwayat oleh Imam Muslim.

 بِسْمِ اللَّهِ

Bismillāh, (dibaca 3 kali).

Artinya, “Dengan nama Allah.”

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan ku khawatirkan.”

Rangkaian doa di atas dijelaskan oleh Imam An-Nawawi ketika mengutip secara lengkap hadits riwayat Imam Muslim sebagai berikut. 

 وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash ra. bahwa ia mengadu kepada Rasulullah saw. perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah saw. lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru,’’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113-114).

Doa menyembuhkan sakit diri sendiri versi lainnya

 اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER