Kumpulan Doa Minum Air Zam Zam Beserta Terjemahannya

25 Apr 2023 18:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim meminum air zam zam setelah melafalkan doa. (Sumber: Pexels/RODNAE Productions)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa minum air zam zam merupakan salah satu adab yang penting diketahui oleh umat Islam.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air zam zam merupakan air yang bebas patogen dan konsumsi rutin air ini dapat menurunkan kadar serum kolesterol dalam tubuh.

Air yang berasal dari sumur zam zam yang berada di dekat Ka’bah, Makkah ini tidak pernah mengalami kekeringan walaupun berada di tanah yang tandus.

Sumur air zam zam sendiri telah ada sejak zaman Nabi Ismail as., dalam kisahnya mata air tersebut keluar di bawah kaki Nabi Ismail yang sedang kehausan saat sang ibu Siti Hajar mencari-cari sumber air dari Bukit Safa ke Bukit Marwah untuk diberikan kepada putranya..

Berdasarkan kisah tersebut, air zam zam diyakini sebagai salah satu mukjizat Nabi Ismail yang diberikan oleh Allah Swt. dan memiliki kemuliaan yang tinggi.

Karena hal tersebut pula, tak jarang air zam zam dibawa pulang oleh para jemaah Haji sebagai oleh-oleh atau hadiah pada sanak saudara dan kerabat di kampung halaman.

Doa minum air zam zam versi pertama

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya, “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Doa minum air zam zam versi kedua

 اللَّهُمَّ إنَّهُ بَلَغَنِي أنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: " ماءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ " اللَّهُمَّ وإني أشْرَبُهُ لِتَغْفِرَ لي وَلِتَفْعَلَ بي كَذَا وكَذَا، فاغْفِرْ لي أوِ افْعَلْ

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya sampai kepadaku bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, “Air zam zam itu (sesuai) untuk (niatan ketika) diminum, ya Allah sesungguhnya aku meminumnya agar engkau mengampuniku, dan engkau melakukan untukku ini (hajat), maka ampunilah aku dan lakukan ini untukku.” 

Doa minum air zam zam versi ketiga

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْمَاءَ تَبَرُّكًا وَسَلَامًا وَنُورًا وَهُدًى

Artinya, “Ya Allah, tambahkanlah berkah, keselamatan, cahaya, dan petunjuk dalam air ini.”

Doa minum air zam zam versi keempat

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah yang tidak akan membahayakan dengan nama-Nya apa pun di bumi dan di langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER