Bacaan Doa Hari ke-21 dan 22 Puasa Ramadhan Lengkap dengan Bahasa Arab

12 Apr 2023 19:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim berdoa hari ke-21 dan 22 puasa bulan Ramadhan. (Sumber: Pexels/Thridman)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa hari ke-21 dan 22 puasa Ramadhan merupakan amalan yang bisa dilakukan pada fase 10 hari terakhir bulan penuh berkah ini. 

Membaca doa merupakan bagian bentuk syukur dan ketakziman kepada Allah Swt. sebagai sang Maha Pencipta dan Pemberi.

Di dalam ajaran Islam ,saat memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk lebih banyak melakukan ibadah hal tersebut supaya kita bisa bertemu dengan malam Lailatulqadar.

Selain mengamalkan doa, ada juga keutamaan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja pada hari ke-21 dan hari ke 22 Puasa Ramadan.

Keutamaan hari ke-21 dan 22 puasa Ramadhan

Mengutip kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang ditulis oleh Syekh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi, terdapat keutamaan di balik hari ke 21 dan 22 Ramadan

Untuk puasa hari ke-21 Allah Swt. akan meluaskan kubur orang yang berpuasa dengan 1000 farsakh dan menjauhkannya dari kegelapan dan kesepian.

Kemudian Allah Swt. juga akan menjadikan kuburan orang yang berpuasa di hari tersebut seperti kuburan para syuhada dan menjadikan wajah orang tersebut seperti wajah Nabi Yusuf bin Ya’qub alaihi salam.

Sementara keutamaan puasa hari ke-22 adalah Allah SWT akan mengutus malaikat maut agar mencabut nyawa orang yang berpuasa seperti mencabut nyawa para Nabi ketika waktunya telah tiba.

Selain itu, Allah Swt. juga akan menyelamatkan orang yang berpuasa pada hari itu dari kekejaman malaikat Munkar dan Nakir, serta penderitaan dunia dan akhirat.

Doa hari ke-21 puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِيْ فِيْهِ إِلَى مَرْضَاتِكَ دَلِيْلاً وَ لاَ تَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ عَلَيَّ سَبِيْلاً وَ اجْعَلِ الْجَنَّةَ لِيْ مَنْزِلاً وَ

مَقِيْلاً يَا قَاضِيَ حَوَائِجِ الطَّالِبِيْنَ

Allâhummaj 'al lî fîhi ilâ mardhâtika dalîlan wa lâ taj'al lisysyaithâni fîhi 'alayya sabîlan waj'alil jannata lî manzilan wa maqîlan yâ qâdhiya hawâijal muhtâjîn.

Artinya, “Ya Allah, tuntunlah aku di bulan yang mulia ini untuk mendapat keridaan-Mu. Dan janganlah adakan celah bagi setan untuk menggodaku. Jadikan surga sebagai tempat tinggal dan bernaungku, wahai yang memenuhi hajat orang-orang yang meminta.”

Doa hari ke-22 puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ فَضْلِكَ وَ أَنْزِلْ عَلَيَّ فِيْهِ بَرَكَاتِكَ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِمُوْجِبَاتِ مَرْضَاتِكَ وَ أَسْكِنِّيْ

فِيْهِ بُحْبُوْحَاتِ جَنَّاتِكَ يَا مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ

Allâhummaftah lî abwâba fadhlika wa anzil ‘alayya fîhi barakâtika wa waffiqnî fîhi limûjibâti mardhâtika wa askinnî fîhi buhbûhâti jannâtika yâ mujîba da’watil mudhtharrîn.

Artinya, “Ya Allah bukakanlah lebar-lebar pintu karunia-Mu di bulan ini dan curahkan berkah-berkah-Mu. Tempatkan aku di tempat yang membuat-Mu rida padaku. Tempatkan aku di dalam Surga-Mu, Wahai Yang Maha menjawab doa orang yang dalam kesempitan.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER