Lafal Doa Saat Bersin beserta Jawaban dan Adabnya Menurut Ajaran Rasulullah

4 May 2023 21:05 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi bersin, situasi yang dianjurkan untuk melafalkan doa saat bersin. (Sumber: Pexels/Edward Jenner)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Saat bersin, seorang muslim dianjurkan untuk melafalkan doa saat bersin. Selain itu, orang yang mendengarnya juga diwajibkan untuk menjawab doa orang yang bersin tersebut.

Salah satu hadis yang menjelaskan tentang doa saat bersin dan keharusan menjawabnya adalah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra. berikut ini. Rasulullah saw. bersabda:

حقُّ المُسلمِ على المُسلمِ خمسٌّ: ردُّ السلام، وعِيَادَةُ المريض، واتباع الجنائز، وإجابة الدَّعوة، وتَشميتُ العاطِس

Artinya, "Seorang muslim memiliki lima keharusan kepada muslim yang lain: menjawab salam, menengok yang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan yang bersin," (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahkan dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Sunni, dan Abu Ya‘la, Rasulullah saw. menegaskan perihal doa orang yang bersin untuk bertahmid.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إَنَّ اللهَ يُحِبُّ العُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ ، فَإذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ وَحَمِدَ اللهَ تَعَالَى كَانَ حَقّاً عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يَقُولَ لَهُ : يَرْحَمُكَ اللهُ ، وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ ، فَإذَا تَثَاءَبَ أحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإنَّ أحَدَكُمْ إِذَا تَثَاءَبَ ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ )) رَوَاهُ البُخَارِيُّ

Artinya, “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka, apabila salah seorang di antara kalian bersin dan memuji Allah, maka wajib bagi setiap orang muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan, ‘YARHAMUKALLAH (artinya: semoga Allah merahmatimu)’.”

Doa Bersin dan Jawabannya

Saat bersin, seorang muslim diajarkan untuk melafalkan doa sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillah

Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Ketika mendengar orang lain bersin dan mengucapkan tahmid seperti yang dijelaskan di atas, maka wajib bagi orang yang mendengar untuk menjawabnya dengan lafal berikut:

يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukallaah (laki-laki)/Yarhamukillah (perempuan).

Artinya, “Semoga Allah tetap mengasihi kamu.”

Adab saat bersin

Melansir dari laman Kemenag Jabar, bersin merupakan salah satu nikmat Allah Swt. yang patut untuk disyukuri. Oleh karenanya, setiap bersin harus disertai dengan adab yang baik

Rasulullah saw. sebagai suri tauladan umat Islam, telah mencontohkan adab saat bersin. Nabi saw. menganjurkan untuk menundukan kepala, menutupi wajah, dan dilakukan setenang mungkin.

Keterangan tersebut merujuk pada hadis Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. berikut ini, Rasulullah saw. bersabda:

"Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya," (HR. Al-Tirmidzi).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER