Kumpulan Bacaan Doa setelah Sholat Subuh yang Membawa Keberkahan

17 Jul 2024 07:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi doa setelah salat Subuh. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sholat Subuh merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat Islam pada pagi hari. Setelah melaksanakannya, terdapat doa-doa yang bisa diamalkan agar ibadahnya semakin sempurna.

Doa setelah salat Subuh dianjurkan untuk tidak ditinggalkan karena Rasulullah saw. menganjurkan umatnya untuk memperbanyak mengingat Allah Swt. selama waktu Subuh.

Melansir NU Online, terdapat sejumlah doa yang dapat diamalkan setelah melaksanakan salat Subuh.

Doa-doa tersebut berisi permohonan kepada Allah Swt. agar diberikan kemudahan rezeki yang halal, diampuni segala dosa, dan dijauhi dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah. Berikut kumpulan doa yang bisa dibaca setelah salat Subuh.

Doa setelah sholat Subuh

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَئْ ٍقَدِيْرٌ

Laailaha illalah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya: Tidak ada tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Allah maha menghidupkan dan mematikan. Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu.

Keutamaan dari membaca doa ini adalah ditulis sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh keburukan, diangkat sepuluh derajat dan pada hari itu akan dijaga dari gangguan setan. 

Doa setelah sholat Subuh Sayyidul Istighfar

أَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَاسْتَطَعْتُ وَأَعُوذُ بكَ مِنْ شَرِمَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَى وَأَبُوهُ لَكَ بِذَنْبي فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنتَ.

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana 'abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzu bika min syarri ma shana'tu. Abu'u laka bini'matika 'alayya. Wa abu'u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Doa setelah sholat Subuh agar diberi kelancaran rezeki

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ رَزَقَنِيْ هَذَا مِنْ خَيْرٍ حَوْلٍ مِنِّي وَلَاقُوَّةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdu lillaahil ladzii rozaqonii haadzaa min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin, Alloohumma baarik fiihi.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, yang telah memberikan rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau berkahi rezeki kepunyaanku."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER