Kumpulan Doa agar Terhindar dari Harta Haram

21 April 2024 20:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi uang haram. (Sumber: Freepik/stockking)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa terhindar dari harta haram menjadi doa yang dapat diamalkan oleh setiap muslim dalam kesehariannya, karena Islam sendiri mengajarkan untuk mencari rezeki yang halal.

Allah Swt. sendiri memerintahkan umat manusia untuk mencari rezeki yang dikaruniakan-Nya di seluruh penjuru dunia.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan firman Allah Swt. dalam Al-Qur’an surah Al-Jumu’ah ayat 10 berikut:

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Fa iżā quḍiyatiṣ-ṣalātu fantasyirū fil-arḍi wabtagū min faḍlillāhi ważkurullāha kaṡīral la‘allakum tufliḥūn(a).

Artinya: Apabila salat (Jumat) telah dilaksanakan, bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. (Q.S. Al-Jumu'ah: 10)

Kendati dianjurkan untuk mencari rezeki yang banyak, umat Islam diharuskan mencari rezeki yang halal dengan cara yang halal pula.

Oleh karenanya, doa dapat menjadi cara memohon kepada Allah Swt. agar dipermudah mencari dan mendapatkan rezeki yang halal.

Rezeki juga dapat dimaknai secara luas, tidak hanya berbentuk harta, tetapi juga ilmu, kesehatan, atau bahkan ketenangan hati.

Doa terhindar dari harta haram

Doa berikut ini dapat diamalkan untuk memohon kepada Allah Swt. agar dijauhkan dari harta haram:

اَللّٰهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allâhumma-kfinî biḫalâlika ‘an ḫarâmika wa aghninî bi fadl-lika ‘am man siwâka.

Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal sehingga terhindar dari yang haram. Cukupkanlah aku dengan anugerah mu sehingga terhindar dari (bergantung pada) selain-Mu.”

Selain itu, terdapat pula doa terhindar dari harta haram dan giat bekerja sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal hazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wak bukhli wa a'uudzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaali.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya utang dan kelaliman manusia."

Doa mendapatkan rezeki yang dilipatgandakan

Doa berikut ini dapat diamalkan untuk mendapatkan rezeki yang halal lagi dilipatgandakan oleh Allah Swt.:

تَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallati an'amta'alayya wa ala walidayya wa an a'mala saliha tardahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikas salihin.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba Mu yang saleh." (QS. An Naml: 19)

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR