Doa Turun Hujan dengan Lafaz Arab, Latin, Beserta Artinya

17 Januari 2023 13:01 WIB

Narasi TV

Seorang muslim sedang berdoa (Pexels)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa turun hujan merupakan amalan yang dapat dilakukan seorang muslim untuk mensyukuri turunnya hujan ke bumi sebagai bagian dari nikmat Allah SWT.

Dalam Al-Quran Surat Fushshilat ayat 39, dijelaskan bahwa hujan merupakan cara Allah SWT untuk menyuburkan tanah yang tandus dan kering sehingga dapat ditumbuhi tanaman.

Dari tanaman yang tumbuh tersebutlah ekosistem alam manusia dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Melalui doa turun hujan, ada harapan semoga hujan yang turun bisa membawa berkah bagi kehidupan manusia dan membawa rezeki dengan segala bentuknya bagi penduduk semesta alam.

Berdoa saat turun hujan juga diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa, seperti hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh HR Baihaqi yang mengatakan bahwa ada tiga kondisi untuk berdoa yang paling mustajab, termasuk ketika turun hujan.

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya: "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun." (H.R. Baihaqi)

Doa turun hujan

Doa turun hujan berikut ini dinukil dari kitab Maslakul Akhyar karya Sayyid Utsman bin Yahya.

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya, “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

Doa ketika hujan lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya, “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa ketika hujan dan angin kencang

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya, “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Doa ketika hujan dan petir

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِه

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya, “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR