Bacaan Doa untuk Bayi dalam Kandungan yang Dapat Diamalkan oleh Suami Istri

23 Aug 2023 21:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi bayi dalam kandungan. (Sumber: Pexels/Armina Filkins)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa untuk bayi dalam kandungan bisa diamalkan dan dibaca oleh orang tua yang sedang menunggu hadirnya buah hati di dalam kandungan.

Setiap calon orang tua pasti menginginkan anak yang lahir diberkahi dengan kelancaran persalinan dan mengharapkan sang buah hati dapat berguna bagi orang tua dan orang di sekitarnya.

Sebagai umat Islam, salah satu cara mengupayakan hal tersebut adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah Swt.

Doa untuk bayi dalam kandungan berikut ini berisi pengharapan dan permohonan kepada Allah Swt. agar janin yang dikandung sehat dan berkembang dengan baik.

Doa untuk bayi dalam kandungan bagi ibu

Melansir dari laman NU Online, berikut adalah doa dan juga zikir untuk bayi dalam kandungan yang dapat diamalkan sang ibu:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra. 

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).

Doa untuk bayi dalam kandungan bagi ayah

Sementara, bagi seorang ayah, doa untuk bayi dalam kandungan yang dapat diamalkan adalah dengan membaca surah Al-Fatihah sebanyak tujuh (7) kali selepas salat Subuh dan ditiupkan pada perut sang istri yang tengah hamil.

Setelah itu, doa kedua adalah dengan membaca surah Asy-Syarh (Al-Insyirah) sebanyak tujuh (7) kali selepas salat Magrib kemudian meniup perut sang istri yang tengah hamil.

Setelah mengamalkan dua amalan di atas, sang suami dapat melafalkan doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَادَامَ فِيْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِيْ لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَايُغَادِرُ سَقَمًا. اَللّٰهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِ زَوْحَتِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللّٰهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا. اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allâhumma-ḫfadh waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wa-syfihi antasy-syâfi lâ syifâ’an illâ syifâuka syifâ’an lâ yughâdiru saqaman. Allâhumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan ḫasanatan wa tsabbit qalbahu îmânan bika wa bi rasûlika. Allâhumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allâhumma ij‘alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan ḫâdziqan ‘âliman ‘âmilan. Allâhumma thawwil ‘umrahu wa shahhih jasadahu wa ḫassin khuluqahu wa afshah lisânahu wa aḫsin shautahu li qirâ-atil hadîtsi wal qur’ânil ‘adhîm bi barakati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn.

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, berilmu, dan beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad ﷺ. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh keberadaan.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER