Bacaan Dua Kalimat Syahadat, Arab, Latin, dan Terjemahannya

8 Jun 2024 00:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim melafalkan dua kalimat syahadat. (Sumber: Pexels/Alena Darmel)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Dua kalimat syahadat merupakan bacaan yang memiliki kedudukan penting dalam Islam. 

Kalimat syahadat berisi ungkapan persaksian dan pengakuan mengenai keesaan Allah Swt. dan Muhammad saw. sebagai rasul Allah.

Kalimat syahadat merupakan rukun Islam pertama dan mengucapkannya dengan keyakinan adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk disebut sebagai umat Islam.

Melafalkan dua kalimat syahadat menjadi salah satu syarat seorang yang ingin masuk Islam.

Hal tersebut dijelaskan dalam kitab Al-Ghunyah karangan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sebagaimana berikut.

أولا أن يتلفظ بالشهادتين: لا إله إلاالله، محمد رسول الله ويتبرأ من كل دين غير دين الإسلام، ويعتقد بقلبه وحدانية الله تعالى....ثم يجب عليه الغسل للإسلام لما روى أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر ثمامة بن أثال وقيس بن عاصم لما أسلما بالغسل...ثم تجب عليه الصلاة لأن الإيمان قول وعمل، لأن القول دعوى والعمل هو البينة، والقول صورة والعمل روحها

Artinya, “Pertama, melafalkan dua kalimat syahadat, la ilaha illallah muhammad rasulullah/tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Berlepas diri dari agama selain Islam. Meyakini dalam hatinya keesaan Allah Swt. Kemudian diwajibkan mandi sebagaimana Rasulullah memerintahkan mandi Tsumamah bin Utsal dan Qis bin ‘Ashim ketika masuk Islam. Kemudian diwajibkan salat karena iman mesti berbarengan antara perkataan dan perbuatan, sebab perkataan ibarat klaim dan amal sebagai bukti. Perkataan merupakan bentuk formal, sementara amalan substansi atau ruhnya.”

Keutamaan syahadat juga pernah dijelaskan oleh Rasulullah saw. melalui ibnu Umar radhiyallahu anhuma:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِي اللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوْا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّهِ، وَيُقِيْمُواالصَّلاَةَ، وَيُؤْتُواالزَّكَاةَ، فَإِذَا فَعَلُوْا ذَلِكَ عَصَمُوْا مِنِّيْ دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الأِسْلاَمِ، وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ تَعَالىَ

Artinya: “Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintah untuk memerangi manusia hingga mereka bersyahadat ‘aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah, dan (aku bersaksi bahwa) Muhammad adalah utusan Allah. Jika mereka melakukan hal itu, darah dan harta mereka telah terlindung dariku, kecuali dengan hak Islam. Dan perhitungan (amalan) mereka di sisi Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Bacaan dua kalimat syahadat

Lafal syahadat terdiri dari dua kalimat sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER