11 Bacaan Dzikir Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Artinya

20 Aug 2023 15:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim berzikir setelah salat Subuh. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bacaan zikir setelah salat Subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Anas ra., Rasulullah saw. menjelaskan bahwa amalan tersebut merupakan penghapus dosa.

Hadis yang diriwayatkan Anas ra. tersebut berbunyi:

 قال النبي صل الله عليه و سلم، من سبح الله في دبر صلاة ثلاثا و ثلاثين، و حمد الله ثلاثا و ثلاثين،  و كبر ثلاثا و ثلاثين،  و قال تمام المائة:  لَآ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،  لَهُ المُلْكُ، وَ لَهُ الحَمْدُ وَ هُوَ عَلٰى كل شيء قدير، غفرت خطاياه ، و ان كانت مثل زبد البحر. 

Artinya: “Nabi Sallahu Alaihi Wasallam bersabda: Barangsiapa yang mengucapkan tasbih kepada Allah setelah selesai sholat sebanyak 33 kali, membaca tahmid sebanyak 33 kali dan takbir sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakan mengucapkan laa ilaaha illallahu wahdahu law syariika lahu, lahul mulku, wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir, maka dosanya diampuni, walaupun sebanyak buih di lautan.”

Lantas, apa saja bacaan zikir setelah salat Subuh yang dapat dilafalkan? Berikut bacaan zikir setelah salat Subuh.

Zikir setelah salat Subuh

Mengutip NU Online, berikut adalah bacaan zikir setelah salat Subuh yang merujuk pada kitab Ayawariq al- Anwar karangan Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliky.

1. Membaca kalimat ini sebanyak 10 kali:

  لَآ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،  لَهُ المُلْكُ، وَ لَهُ الحَمْدُ وَ هُوَ عَلٰى كُلِّ شَيءٕ قَدِيْرٌ

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliknyalah segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Dzat yang menghidupkan dan mematikan. Dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 

2. Membaca kalimat berikut sebanyak 7 kali :

 اللّٰهُمَّ اَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

 Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

3. Membaca zikir ini sebanyak 3 kali:

 سُبْحَانَ اللهِ وَ بِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ وَ بِحَمْدِهِ، وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْم.ِ

Artinya: “Maha suci Allah, dan aku memuji-Nya maha suci Allah yang agung, dan aku memuji-Nya. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur dan Agung.”

Bacaan zikir lainnya

Selain bacaan di atas, terdapat beberapa zikir yang bisa kamu amalkan dan baca selepas salat Subuh, yakni:

4. Membaca kalimat thayyibah berikut:

 لَآ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،  لَهُ المُلْكُ، وَ لَهُ الحَمْدُ وَ هُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، اللّٰهُمَّ لَا مَنِعَ لِمَا اَعْطَيْتَ، وَ لَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَ لَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ 

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi sesuatu yang Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberi sesuatu yang Engkau halangi. Dan tidaklah berguna orang yang bersungguh-sungguh, daripada-Mu lah kesungguhan.”

5. Membaca ayat kursi

 ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ. لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ. لَّهُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ. مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ. يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ. وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَلَا يَـُٔودُهُ حِفْظُهُمَا. وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ 

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus menerus mengurus (makhluknya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmu-Nya, melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

6. Membaca surah at-Taubah ayat 128-129 sebagai berikut:

 لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُوْلٌ مِنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِمَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالمُؤْمِنِيْنَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ. فَإِنْ تَوَلَوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَا اِلٰهَ اِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَ هُوَ رَبُّ العَرْشِ العَظِيْمِ

Artinya: “Sungguh telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.”

7. Membaca ini sebanyak 20 sampai 100 kali:

 حَسْبُنَا اللّٰهُ وَ نِعْمَ الوَكِيْلُ 

Artinya: “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami, dan Dia-lah sebaik-baik pelindung.”

8. Membaca istighfar sebanyak 20 sampai 100 kali:

 اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ العَظِيْمَ 

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”

9. Membaca kalimat berikut sebanyak 10 sampai 100 kali:

    لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰهُ المَلِكُ الحَقُّ المُبِيْنُ  

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Yang Maha Benar dan Yang Maha Nyata.”

10. Membaca kalimah thayyibah ini sebanyak 10 sampai 100 kali:

  اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلِّمْ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya.”

11. Membaca istighfar sebanyak 3 kali:

  اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ العَظِيمَ الَّذِي لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّوْمُ وَ اَتُوْبُ اِلَيْهِ

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, yang tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER