Pekerjaan Belum Selesai Dapat Memicu Efek Zeigarnik

1 Mar 2023 12:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang kelelahan bekerja. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernahkah kamu merasa kesulitan tidur karena ada tugas atau aktivitas yang belum selesai? Kamu merasa hidup tidak tenang karena ada yang belum terselesaikan. Ini artinya kamu sedang mengalami zeigarnic effect atau efek zeigarnik.

Efek zeigarnik adalah kondisi dimana seseorang sulit mengabaikan pekerjaan yang belum selesai. Ia cenderung mengingat apa yang belum selesai dibanding yang sudah.

Efek ini muncul sekitar tahun 1920-an oleh psikolog asal Uni Soviet. Penelitian mengenai efek ini dilakukan oleh Bluma Wulfovna Zeigarnik. 

Hasil temuan penelitian ini adalah gangguan selama proses mengerjakan tugas yang membutuhkan fokus dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat tugas setelah itu. Tidak semua orang dapat merasakan efek zeigarnik, tergantung motivasi setiap individu, tingkat kepercayaan diri, kelelahan, dan waktu interupsi yang dialaminya.

Cara kerja memori otak

Efek zeigarnik mengungkap cara kerja memori otak kita. Ketika kita menerima informasi, maka informasi ini akan disimpan dalam memori sensorik dengan waktu yang sangat singkat. Jika kita memperhatikan informasi tersebut, maka ia akan berpindah ke memori jangka pendek. Sayangnya, banyak ingatan jangka pendek yang dilupakan dengan cepat.

Efek ini tidak hanya berdampak pada memori jangka pendek. Justru tugas yang belum terselesaikan akan terus mengganggu pikiran kita dalam jangka waktu cukup lama.

 

Manfaat efek zeigarnik

Berikut beberapa manfaat efek zeigarnik:

  • Mampu mengatasi prokrastinasi

Efek zeigarnik mampu mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Hal ini karena efek zeigarnik mendorongmu untuk mengerjakan tugas yang belum selesai sehingga kamu lebih produktif.

  • Belajar dapat lebih efektif

Menurut efek zeigarnik, interupsi atau gangguan saat mengerjakan tugas dapat membuat kita mengingat tugas tersebut. Kamu dapat belajar secara bertahap dan memberi waktu istirahat. Dengan beristirahat, otak kamu akan mengingat materi yang sebelumnya terganggu sehingga daya ingatmu akan bertambah.

  • Menjaga kesehatan mental

Perasaan yang ditimbulkan akibat efek zeigarnik akan membuatmu terganggu karena kamu merasa tidak tenang. Namun, jika kamu memiliki strategi untuk memanajemen efek zeigarnik ini, kamu bisa mendapatkan sisi positifnya yaitu bisa mencegah stress.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Jika pekerjaan atau tugasmu bisa selesai lebih cepat, maka ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga dirimu. Bahkan kamu juga bisa merasa puas karena tugasmu terselesaikan dengan baik.

Efek zeigarnik memang dapat berdampak baik bagi dirimu. Tetapi jika efek ini justru mengganggu kesehatan mentalmu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikolog ya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER