Empat Langkah Anies Perbaiki Kinerja dan Citra Kepolisian: Yang Melanggar Hukum Harus Bisa Diperiksa

20 Sep 2023 10:09 WIB

thumbnail-article

Najwa Shihab dan Anies R. Baswedan di program Mata Najwa: Tiga Bacapres Bicara Gagasan/ YouTube Najwa Shihab

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan mengungkapkan sejumlah rencana terkait reformasi di institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Anies mengatakan ada empat hal yang akan ia lakukan untuk memperbaiki kinerja dan citra di tubuh kepolisian yang saat ini banyak menuai persepsi negatif publik.

“Kita membutuhkan kepolisian yang akuntabel, transparan, bersih jadi menurut saya langkah nomor satu adalah memperbaiki mekanisme akuntabilitas di dalam kepolisian,” kata Anies saat diwawancara Najwa Shihab dalam program Mata Najwa: Tiga Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Anies mengatakan Polri sebagai lembaga publik harus membangun transparansi dalam bekerja. Hal ini agar apa yang mereka kerjakan, mulai dari tingkat Polsek hingga Mabes memiliki akuntabilitas yang dapat dipertanggungjawabkan secara publik.

“Semua langkah yang dikerjakan adalah langkah yang bisa dipertanggungjawabkan. Ada transparansi atas semua yang dilakukan. Mengapa? karena ini adalah insititusi publik. Insitusi publik itu adalah transparansi dari mulai ke aktivitas di tingkat paling bawah, tingkat Polsek misalnya sampai dengan tingkat yang paling atas. Dengan ada transparansi itu maka akutabilitas bisa kita laksanakan,” ujarnya.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan menurut Anies adalah membangun profesionalisme dan kompetensi personel Polri. Ia mengatakan fakta di lapangan memperlihatkanbanyak personel kepolisian yang tidak memiliki keterampilan untuk menerapkan teknik baru dalam bekerja lantaran tak memiliki bekal pengetahuan yang baru.

“Kalau tidak punya keterampilan pengetahuan kemampuan untuk bisa menggunakan segala macam teknik baru, maka teknik-teknik lama lah yang akan dipakai dalam interogasi. Ilmu interogasi sudah berkembang begitu besar tapi kalau kita tidak mempelajari ilmu-ilmu itu, maka teknik-tekniknya juga akan teknik-teknik lama dan apa yang terjadi muncul praktek-praktek penyimpangan,” contoh Anies.

Hal selanjutnya yang menurut Anies perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja dan citra kepolisian adalah dengan menjadikan institusi Polri sebagai contoh dalam penegakan hukum. Anggota polisi yang bermasalah dan melanggar hukum, kata Anies, harus menjadi subjek untuk diperiksa. 

“Tidak bisa justru anggota kepolisian itu terbebas bila melakukan pelanggaran. Mereka yang harus menjadi contoh,” katanya.

Yang keempat, imbuh Anies adalah melibatkan publik di dalam pengawasan kepolisian. Kepolisian, katanya, seperti juga badan-badan publik yang lain harus bisa diawasi. “Dan salah satunya mungkin mungkin ombudsman dan kompolnas bisa memiliki akses yang lebih baik dalam pengawasan,” ujar Anies.

Tonton wawancara lengkap Najwa Shihab dengan tiga Bacapres: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di YouTube Najwa Shihab.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER