Erick Thohir Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI, Langsung Singgung Persiapan Piala Dunia U-20

16 Februari 2023 16:02 WIB

Narasi TV

Erick Thohir yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Hal tersebut diketahui usai Kongres Luar Biasa PSSI rampung diselenggarakan pada hari Kamis (16/2/2023).

KLB PSSi berlangsung di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sosok yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut dipastikan menang dengan jumlah suara 64 dari total 86 voter, sedangkan lawannya, La Nyalla Mattalitti hanya memperoleh 22 suara.

Memperbaiki sepak bola Indonesia

Dalam pidatonya setelah resmi menjadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya.

"Tentu saya mengucapkan terima kasih sudah dikasih kepercayaan oleh para pemilih, masyarakat Indonesia, suporter, wasit, pemain," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers kali pertamanya menjabat sebagai Ketum PSSI.

Lalu mantan Presiden Inter Milan tersebut menyinggung soal sepak bola yang bersih dan berprestasi. Menurutnya, perlu nyali untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.

"Yaitu yang namanya membangun sepak bola bersih dan berprestasi. Waktu itu saya bilang, saya bicara bahwa perlu nyali memperbaiki sepak bola Indonesia, tidak perlu teori. Hari ini kita sudah tidak bicara nyali lagi. Tapi kita bicara bagaimana nyali membuktikan memang kita berprestasi. Saya berharap ini menjadi tujuan utama baru kita bicara prestasi. Tidak mungkin kita bicara prestasi tapi sepak bola tidak bersih. Ini tidak mudah," imbuhnya.

Menjelang Piala Dunia U-20

Di sisi lain, Erick Thohir langsung berbicara terkait tugas berat dirinya selama 94 hari kedepan, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Menurut Ketua Umum PSSI yang baru, ini menjadi event terbesar kedua FIFA.

"Tentunya tugas terberat itu 94 hari lagi kita menghadapi kejuaraan dunia U-20. 94 hari lagi, ini angka yang luar biasa. Ini event terbesar kedua daripada FIFA, dan tidak mungkin Indonesia 10 tahun sekali dapat kejuaraan umur 20, tidak mungkin. Artinya apa? Martabat bangsa kita tidak hanya di penyelenggaraan yang utama. Ini kita pertaruhkan, 94 hari lagi," pungkasan.

Demikian informasi seputar Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, yang mana event Piala Dunia U-20 telah menantinya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR