Everything Everywhere All at Once Dominasi Pengumuman Nominasi Piala Oscar 2023

25 Januari 2023 22:01 WIB

Narasi TV

Michelle Yeoh dalam film "Everything Everywhere All at Once" (2022). (Sumber: A24films.com)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Film Everything Everywhere All at Once (2022) mendominasi pengumuman nominasi Piala Oscar 2023. Diumumkan pada Selasa, (24/01/2023), film tersebut berhasil mendapatkan 11 nominasi di ajang penghargaan tersebut.

Jumlah tersebut membuat Everything Everywhere All at Once menjadi film paling banyak dinominasikan dalam penghargaan Oscar ke-95 yang akan diselenggarakan pada 12 Maret 2023 nanti.

Menjadi sensasi dengan keuntungan mencapai USD104 juta, film ini dinobatkan masuk nominasi best picture

Berkat kesuksesan film ini, sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert atau kerap disebut duo Daniel, juga berhasil masuk nominasi best director.

Selain itu, para aktor dan aktris dalam film drama komedi-absurd yang berperan dalam film ini juga berhasil masuk beberapa nominasi. 

Michelle Yeoh, yang menjadi pemeran utama dalam film ini, memperoleh nominasi kategori best actress setelah perannya sebagai Evelyn Wang sangat memukau. 

Selain Michelle Yeoh, aktor dan koreografer keturunan Vietnam, Ke Huy Quan, menembus nominasi best supporting actor berkat aksinya berperan sebagai Waymond Wang.

Jamie Lee Curtis dan Stephanie Hsu juga mendapatkan nominasi best supporting actress berkat akting kedua aktris tersebut dalam film Everything Everywhere All at Once.

Dalam film Everything Everywhere All at Once, Curtis memiliki peran sebagai petugas pajak bernama Deirdre Beaubeirdre. Sementara, Hsu memiliki dua peran sekaligus, yakni menjadi Jobu Tupaki dan Joy Wang.

Selain sederet nominasi di atas, Everything Everywhere All at Once juga memperoleh beberapa nominasi kategori lainnya, seperti nominasi best original screenplay, best film editing, dan best costume design.

Dominasi Everything Everywhere All at Once dalam pengumuman nominasi Oscar 2023 juga menjadi tonggak sejumlah aktor keturunan Asia dalam industri perfilman Hollywood.

Dalam pengumuman nominasi Oscar 2023, film The Banshees of Inisherin dan All Quiet on the Western Front berada di peringkat kedua sebagai film yang paling banyak mendapatkan nominasi di Oscar tahun ini.

Kedua film tersebut sama-sama berhasil masuk dalam sembilan nominasi dan akan bersaing dengan Everything Everywhere All at Once dalam sejumlah nominasi untuk mendapat penghargaan Oscar ke-95 pada Maret nanti.

Acara penghargaan Oscar 2023 sendiri akan digelar di di Dolby Theatre di Ovation Hollywood, Amerika Serikat dan akan disiarkan secara langsung melalui jaringan televisi ABC.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR