Sukses di Tanah Air, Film Siksa Neraka Dicekal di Malaysia dan Brunei

11 Januari 2024 19:01 WIB

Narasi TV

Tangkapan layar trailer film "Siksa Neraka." Sumber: Akun YouTube Cinema21.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Film Siksa Neraka yang diadaptasi dari komik legendaris tahun ‘90-an kabarnya dilarang tayang di negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam. 

Meski mendapatkan respons positif dari penonton tanah air, Siksa Neraka  rupanya dicekal oleh pemerintah Malaysia dan Brunei. Hal ini diungkapkan oleh Antenna Entertainments selaku distributor yang kerap membawa film-film Indonesia ke kedua negara tersebut

Melalui akun Instagram @antennaentertainments, distributor film mengumumkan secara singkat perihal larangan penayangan Siksa Kubur di Malaysia dan Brunei. 

“Bagi yang sudah menunggu - Siksa Neraka dilarang tayang di Malaysia dan Brunei,” demikian bunyi pengumuman yang disampaikan pada Senin (8/1/2024). 

Dheeraj Kalwani, Produser dan CEO Dee Company selaku rumah produksi Siksa Neraka, mengaku menghargai keputusan pemerintah Malaysia dan dan Brunei Darussalam yang melarang pemutaran filmnya. 

“Film Siksa Neraka di-banned di Malaysia dan Brunei. Kami menghargai keputusan dari lembaga sensor Malaysia. Setiap negara memiliki kedaulatan dan peraturan yang harus dipatuhi. Kami mohon maaf karena tidak bisa memenuhi keinginan penggemar di Malaysia dan Brunei Darussalam,” kata Dheeraj melalui pernyataan tertulis di akun Instagram @deecompany_official. 

Baik distributor maupun rumah produksi film Siksa Neraka tidak memberikan keterangan lebih lanjut perihal alasan dilarangnya pemutaran film tersebut di bioskop Malaysia dan Brunei. 

Namun, warganet menduga pencekalan Siksa Neraka disebabkan oleh visualisasi neraka dan penyiksaannya dalam film yang disutradarai Anggy Umbara itu. Dalam agama Islam, penggambaran surga dan neraka dianggap sebagai hal yang kurang patut. 

Sukses di tanah air

Di Indonesia sendiri, film Siksa Neraka mendapatkan respons hangat dari masyarakat. Per Senin (8/1/2024), Siksa Neraka sukses mendulang 2.354.700 penonton sejak tayang perdana pada 14 Desember 2023. 

Pencapaian ini menjadikan Siksa Neraka sebagai film terlaris yang diproduksi Dee Company sejauh ini. 

Film Siksa Neraka sendiri mengusung genre horor dan thriller dengan pendekatan agama. Film ini antara lain dibintangi oleh Kiesha Alvaro, Rizky Fachrel, Safira Ratu Sofya, Nayla D. Purnama, Ariyo Wahab, dan masih banyak lagi. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR