Cara Memaksimalkan Fitur Instagram Ads untuk Menunjang Bisnis

3 Jul 2023 18:07 WIB

thumbnail-article

Logo aplikasi Instagram di ponsel. Sumber: Pexel.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi bisnisnya. Salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk keperluan bisnis yaitu Instagram. 

Media sosial milik Meta ini sangat populer di berbagai kalangan usia mulai dari remaja hingga dewasa.

Hal ini membuat Instagram menjadi medium yang tepat bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. 

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempromosikan bisnis melalui Instagram adalah dengan memanfaatkan fitur Instagram Ads.

Fitur Instagram Ads memungkinkan brand untuk memasang iklan di Instagram untuk menarik perhatian audiens. 

Jenis-jenis Instagram Ads

Instagram menawarkan berbagai jenis ads atau iklan yang bisa dimanfaatkan oleh brand sebagai medium promosi. Berikut ini beberapa jenis iklan yang tersedia di Instagram:

  • Instagram Stories Ads

Instagram Stories Ads merupakan jenis iklan yang ditampilkan dalam format stories berupa foto atau video dengan tampilan layar penuh. 

Iklan jenis ini muncul saat pengguna membuka fitur Instagram Story di bagian atas pada lini masa Instagram.

  • Instagram Feeds Ads

Seperti namanya, jenis iklan ini ditampilkan dalam bentuk feeds di lini masa pengguna Instagram. Iklan yang disajikan biasanya berupa gambar tunggal yang dapat dijumpai saat pengguna melakukan scrolling di lini masanya. 

  • Instagram Carousel Ads

Jenis iklan yang ditawarkan oleh Instagram selanjutnya adalah carousel ads. Iklan ini memiliki tampilan slideshow yang dapat digeser sehingga informasi terkait produk dapat diberikan secara lebih mendalam. 

  • Instagram Collection Ads

Terakhir, ada jenis iklan berupa collection ads yang memungkinkan pengguna untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram. 

Untuk menggunakan fitur ini, pemilik bisnis harus terlebih dahulu mengunggah seluruh katalog produk di Facebook Shop atau Facebook Page. 

Cara memaksimalkan fitur Instagram Ads

  • Membuat strategi yang matang

Merencanakan strategi yang matang merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap pelaku bisnis sebelum membuat materi promosi. 

Tentukan pula target yang mencakup hal apa yang ingin dipromosikan, tujuan yang diharapkan, hingga ukuran tingkat keberhasilan yang ingin dicapai di akhir. 

  • Menonjolkan visual pada iklan

Instagram adalah platform yang menekankan aspek visual pada konten-kontennya. Jika Anda ingin beriklan di Instagram, pastikan Anda membuat materi yang kuat secara visual supaya dapat menarik perhatian audiens. 

  • Menggunakan hashtag yang relevan

Hashtag merupakan fitur yang tidak bisa dilepaskan dari hampir seluruh media sosial, termasuk Instagram. Hashtag memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk memunculkan konten yang relevan dengan pencarian. 

Pemakaian hashtag yang tepat pada unggahan akan meningkatkan kemungkinan untuk dilihat oleh target audiens. 

  • Mengatur budget dan jadwal tayang

Tidak dapat dipungkiri, Instagram mematok harga yang tidak murah untuk setiap iklannya. Instagram Ads memiliki tarif yang berbeda untuk setiap jam tayangnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan jam tayang iklan dengan budget dan target yang telah ditetapkan di awal.

Itu tadi informasi tentang jenis-jenis Instagram Ads beserta cara memaksimalkannya untuk menunjang bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER