Foto Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo Tersangka Korupsi Viral, Netizen Sebut Mirip Poster Money Heist hingga Cover Lagu Kendrick Lamar

16 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di tengah kerumunan saat ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Politikus NasDem itu terjegal kasus dugaan pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Syahrul Yasin Limpo ditangkap di salah satu apartemen miliknya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023) malam. 

Foto-foto Syahrul Yasin Limpo saat mengenakan rompi tahanan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) menjadi ramai di media sosial. 

Warganet secara spesifik mengomentari salah satu foto yang diambil oleh fotografer jurnalistik Kumparan, Jamal Ramadhan. 

Foto yang diambil dari atas itu memperlihatkan Syahrul Yasin Limpo sebagai subjek utama dengan posisi dirinya berada di tengah gambar, dikerumuni oleh sekumpulan orang. 

Disebut mirip poster film

Kombinasi momentum dan komposisi foto yang tepat membuat foto itu tampak memikat mata. Rompi oranye yang dikenakannya membuat eks Gubernur Sulawesi Selatan itu terlihat mencolok di tengah-tengah kerumunan yang mayoritas mengenakan pakaian berwarna gelap. 

Kepala Syahrul Yasin Limpo yang mendongak dengan mata menatap ke arah kamera semakin menambah efek dramatis dari foto tersebut dan membuatnya terlihat seperti karakter utama. 

Tak heran jika banyak warganet menganggap foto Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK layak dijadikan poster film, termasuk di antaranya komika Ernest Prakasa. 

“Ini foto bisa jadi poster film. Keren parah,” kata sutradara Cek Toko Sebelah itu melalui akun X pribadinya. 

Sejumlah warganet juga membandingkan foto itu dengan poster film maupun adegan dalam film yang memiliki komposisi serupa.  

Ada yang menyebut foto itu memberikan kesan serupa dengan poster film John Wick 2 yang memperlihatkan aktor Keanu Reeves dikelilingi oleh tangan-tangan yang menodongkan pistol. 

Tak sedikit juga yang membandingkannya dengan poster serial Money Heist musim keempat yang memperlihatkan sosok Profesor yang mengenakan setelan jas abu-abu di tengah sekumpulan orang berseragam merah. 

Sebagian warganet lainnya membandingkan foto Syahrul Yasin Limpo dengan cover dari salah satu lagu Kendrick Lamar berjudul “Humble”.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR