Gedung Jakarta Disulap Jadi Layar Raksasa KTT Asean, Megahnya Bukan Main

8 Sep 2023 16:09 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar - Letupan kembang api mewarnai kemeriahan agenda gala dinner yang dihadiri delegasi KTT ke-43 ASEAN di kawasan hutan kota Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA/Andi Firdaus/aa.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pada acara Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (06/09/2023), beberapa gedung yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD) diubah menjadi layar raksasa yang memukau.

Presiden Joko Widodo menyambut kepala negara dari ASEAN dan negara mitra dalam acara ini, yang berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. 

Empat gedung di kawasan SCBD menjadi latar belakang panggung utama yang didirikan di Hutan Kota Gelora Bung Karno tempat acara gala dinner berlangsung.

Ketika pertunjukan seni dimulai, gedung-gedung tersebut menjadi sorotan utama dengan tampilan video mapping yang sejalan dengan pertunjukan di panggung.

Walaupun panggung di Hutan Kota GBK tidak memiliki layar besar, layar yang ada seolah-olah menyatu dengan visual yang ditampilkan di gedung-gedung di belakangnya.

Selain itu, seluruh pagar Hutan Kota GBK dikelilingi oleh ribuan tanaman rambat raksasa, menciptakan suasana seakan-akan berada di tengah hutan.

Gala dinner ini dihadiri oleh para pemimpin negara dan organisasi internasional yang berpartisipasi dalam KTT ke-43 ASEAN. Selama makan malam, ada juga penampilan seni yang menghibur para tamu.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Betawi, sementara kepala negara lain mengenakan batik dengan beragam corak, pola, dan warna.

Dalam acara ini, hadir juga tokoh-tokoh terkemuka seperti Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketua DPR RI Puan Maharani, istri Presiden ke-4 Sinta Nuriyah, anak Presiden ke-4 Yenny Wahid, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Tampak juga Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya, serta chef Arnold Poernomo yang menyiapkan hidangan makan malam.

Beberapa tamu negara yang hadir meliputi Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim beserta istri Wan Azizah Wan Ismail, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama anaknya.

Turut serta juga Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chính, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr., perwakilan Thailand Sihasak Phuangketkeow, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri China Li Qiang, Wakil Presiden AS Kamala Harris, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER