Mengenal Apa itu Gross National Product atau GNP, Simak Penjelasannya!

2 Maret 2023 16:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pekerja yang beragam latar belakangnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi masyarakat awam, Gross National Product atau GNP mungkin menjadi salah satu istilah yang masih cukup asing di telinga. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengetahui bahkan memahami tentang apa itu Gross National Product atau GNP.

Gross National Product atau GNP menjadi salah satu konsep yang digunakan dalam menghitung pendapatan nasional. Gross National Product atau GNP jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Produk Nasional Bruto atau PNB.

Lalu, apa itu Gross National Product atau GNP sebenarnya? Simak penjelasan berikut mengenai Gross National Product atau Produk Nasional Bruto.

Apa itu Gross National Product (GNP)?

Gross National Product atau Produk Nasional Bruto adalah perkiraan nilai total  barang dan jasa. Perkiraan nilai total  barang dan jasa tersebut berdasar dari apa yang diproduksi oleh perekonomian suatu negara selama periode  tertentu (biasanya satu tahun) dengan alat produksi yang dimiliki  penduduk negara tersebut.

Baik itu yang dihasilkan dari warga negara yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri. GNP biasanya dihitung dengan mengambil jumlah pengeluaran konsumsi pribadi, investasi swasta domestik, pengeluaran pemerintah, ekspor neto, dan pendapatan yang diperoleh penduduk dari investasi di luar negeri.

Kemudian dikurangkan dari pendapatan yang diperoleh dalam perekonomian nasional penduduk asing. Ekspor bersih akan menunjukkan perbedaan antara apa yang diekspor negara dikurangi impor barang dan jasa.

  • GNP dihitung sebelum memperhitungkan depresiasi atau belanja modal yang digunakan dalam proses produksi.
  •  GNP berbeda dengan produk nasional bersih yang dihitung setelah penyusutan.
  • GNP menjadi indikator akurat dari tingkat aktivitas ekonomi suatu negara.

Gross National Product atau Produk Nasional Bruto mengukur total nilai moneter dari produksi yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara. Oleh karena itu, produk apa pun yang diproduksi oleh orang asing di dalam batas negara harus dikeluarkan dari perhitungan Gross National Product atau Produk Nasional Bruto.

Sedangkan produk apa pun yang diproduksi oleh penduduk di luar perbatasan harus dihitung. Pendapatan dari investasi asing oleh penduduk suatu negara termasuk dalam Gross National Product atau Produk Nasional Bruto.

Tetapi investasi asing di dalam batas negara tidak. Ini berbeda dengan Produk Domestik Bruto atau PDB yang mengukur output ekonomi dan pendapatan berdasarkan lokasi daripada kebangsaan.

Pada dasarnya, GNP berarti seberapa besar kontribusi masyarakat suatu negara terhadap perekonomian nasional. GNP tidak termasuk pendapatan yang diperoleh orang asing di negara tersebut. 

Demikian informasi seputar apa itu Gross National Product atau Produk Nasional Bruto yang bisa dipelajari dan dipahami.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR