Profil Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti, Moderator Debat Cawapres 21 Januari 2024

21 Januari 2024 20:01 WIB

Narasi TV

Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar resmi diumumkan sebagai moderator debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1). Sumber:Instagram/@retnopinasti/@zilviaiskandar.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Debat calon wakil presiden (cawapres) kedua berlangsung pada Minggu (21/1/2024). Debat kali ini dipandu oleh Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti selaku moderator. Siapakah mereka? Berikut profil Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti sebagai moderator debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pemilihan ini berdasarkan kompetensi dan representasi stasiun televisi penyelenggara yaitu SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

Debat kedua sekaligus yang terakhir bagi cawapres ini bertemakan pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa.

Berbeda dengan debat sebelumnya, kedua moderator yang akan memandu debat adalah perempuan. Mereka yaitu Zilvia Iskandar selaku jurnalis Metro TV dan Retno Pinasti selaku jurnalis SCTV.

Profil Zilvia Iskandar

Zilvia Iskandar adalah seorang pembawa berita di stasiun televisi Metro TV. Namanya tentu sudah tidak asing lagi di kalangan jurnalis. Perempuan kelahiran 2 Februari 1990 ini sering membawakan berbagai acara berita sejak tahun 2012.

Ia menghabiskan masa kecil di Kepulauan Bangka Belitung. Ketika SMA di Manggar, Belitung Timur, Zilvia aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai perlombaan. Ia pernah menjadi duta wisata yang disebut Dayang Belitung Timur dan Dayang Bangka Belitung selama dua tahun berturut-turut.

Zilvia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Bina Nusantara (BINUS) jurusan Sastra Inggris. Keaktifannya selama kuliah membuat Zilvia mendapat penghargaan sebagai The Best Student Organization in BINUS tahun 2008.

Zilvia lulus pada tahun 2012 dengan predikat summa cumlaude. Setelah itu, ia langsung mengikuti Journalist Development Program. Zilvia lolos program menjadi reporter, kemudian bergabung ke Metro TV tahun 2012.

Setahun berjalan, Zilvia dipercaya untuk menjadi presenter Headline News dan Metro Malam. Ia juga terlibat acara Partai Bicara (2019), Kandidat Bicara (2018), dan dialog eksklusif bersama mantan Ketua KPK Antasari Azhar dalam program Metro Pagi Primetime.

Dedikasinya dalam bidang jurnalistik membuat Zilvia mendapat penghargaan sebagai Presenter Berita Terbaik dari Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017. Ia juga masuk nominasi Best Current Affairs Presenter Asian Television Awards 2019.

Profil Retno Pinasti

Retno Pinasti atau akrab disapa Eno adalah jurnalis SCTV yang sudah lama berkecimpung dalam dunia jurnalistik. Ia lahir pada 10 Januari 1976 di Yogyakarta.

Retno menempuh pendidikan jurusan Bahasa Inggris Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian Retno melanjutkan pendidikan Jurnalis Televisi Goldsmiths College University of London, Inggris.

Karier jurnalistiknya sudah dimulai sejak masih kuliah. Tahun 1997, Retno menjadi presenter TVRI Yogyakarta. Setelah lulus, ia ditarik dan berpindah ke TVRI Jakarta. Ia sempat vakum karena tengah menyelesaikan pendidikannya di Inggris. Meski begitu, Retno justru menjadi presenter dan video journalist di Independent Television News (ITN), London.

Tahun 2003, Retno menjadi reporter dan presenter di SCTV. Namanya lebih familiar sebagai presenter Liputan 6 meski jabatannya menjadi Head of Talent and Presentation. Kariernya semakin melejit kala didapuk menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV dan Fokus Indosiar tahun 2018.

Sebelumnya, Retno pernah menjadi moderator debat presiden tahun 2019. Bersama Zulfikar Naghi, Retno dipercaya memandu debat keempat tanggal 30 Maret 2019. Kala itu, tema yang dibahas adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR