Hakim MK Arief Hidayat: RI Tak Baik-Baik Saja

30 Oktober 2023 16:10 WIB

Narasi TV

Arsip-Foto hakim Arief Hidayat. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat mengungkap keprihatinannya terhadap kondisi Republik Indonesia yang, menurutnya, belum sepenuhnya baik-baik saja. 

Dalam pernyataannya, Hakim Arief Hidayat menyoroti adanya kekuatan terpusat yang berkumpul di tangan-tangan yang sangat kuat.

Hal tersebut diungkapkan Arief Hidayat ketika menghadiri seminar bertajuk “Mencari Jalan Keluar Bangsa di Tengah Krisis", Senin (23/10). 

Hakim MK tersebut menilai bahwa situasi di Indonesia saat ini menunjukkan adanya ketidakseimbangan kekuasaan dan pengaruh yang kuat dari kelompok tertentu.

Hakim Arief Hidayat menjelaskan bahwa hal ini dapat mengancam integritas demokrasi dan berpotensi merusak kesejahteraan masyarakat. 

Ia berpendapat bahwa demokrasi yang seharusnya memihak kepada rakyat, saat ini mungkin telah terdistorsi oleh kekuatan-kekuatan tertentu yang lebih besar.

Dalam seminar tersebut, Hakim Arief Hidayat juga menyoroti pentingnya peran lembaga-lembaga negara dalam menjaga keseimbangan kekuasaan dan keadilan. 

Ia juga menggarisbawahi perlunya upaya bersama untuk mencari solusi terbaik demi kesejahteraan bangsa Indonesia dan kelangsungan demokrasi.

Perkataan Hakim MK Arief Hidayat ini menjadi sorotan dan bahan diskusi di kalangan masyarakat dan para analis politik. 

Mereka menilai bahwa pernyataan tersebut mencerminkan keprihatinan terhadap situasi politik dan sosial Indonesia saat ini serta mendukung pentingnya menjaga keseimbangan kekuasaan dalam demokrasi.

Pernyataan Hakim MK Arief Hidayat juga mendorong pertanyaan tentang bagaimana masyarakat dan pemimpin dapat bekerja sama untuk mengatasi ketidakseimbangan kekuasaan yang disoroti olehnya. 

Upaya-upaya untuk memperkuat sistem demokrasi dan menjaga keseimbangan kekuasaan menjadi penting dalam menjaga integritas negara dan keadilan sosial.

Selain itu, beberapa pihak juga mencatat bahwa pernyataan tersebut dapat menjadi panggilan bagi seluruh warga negara untuk lebih aktif dalam memantau proses demokrasi, memahami hak-hak mereka, dan berpartisipasi dalam upaya-upaya yang mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Komentar Hakim Arief Hidayat ini mencerminkan keprihatinan yang serius tentang masa depan Indonesia dan menekankan bahwa upaya bersama dan perbaikan sistem adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa negara ini terus bergerak menuju perkembangan yang lebih baik dan lebih demokratis.

Pernyataan ini memicu berbagai diskusi dan pemikiran tentang arah demokrasi dan kebijakan di Indonesia, serta menjadi panggilan untuk tindakan yang lebih bijak dan berkelanjutan dalam memperbaiki keadaan bangsa. 

Selain itu, pernyataan ini juga menekankan pentingnya keterbukaan dan partisipasi aktif dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi negara ini.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR