5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Mobil Bekas

15 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi iklan jual beli mobil bekas. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Margareth Ratih F.

Ketika membeli mobil bekas, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut agar tidak rugi. Hal-hal berikut mencakup keadaan mobil dan surat-surat yang perlu diperhatikan.

Membeli mobil bekas memang menjadi alternatif untuk mendapatkan kendaraan roda empat dengan harga miring.

Hal tersebut tentu sangat berguna jika kita sangat membutuhkan mobil untuk keseharian namun terganjal masalah finansial jika hendak membeli mobil yang baru.

Akan tetapi, meskipun mobil bekas biasanya dijual dengan harga yang lebih murah daripada yang baru, Anda harus punya pengamatan yang lebih agar terhindar dari kerugian.

Tak jarang, ketika membeli mobil bekas secara sembarangan, mobil yang dibeli justru terdapat masalah pada mesin yang tak nampak dari luar, menyebabkan mobil harus diservis dengan biaya mahal, dan Anda merugi di kemudian hari.

Tak sedikit pula mobil bekas yang dijual sebenarnya adalah mobil dengan surat-surat yang bermasalah. Jika membelinya, Anda berkemungkinan akan menghadapi masalah administratif dan bisa saja mobil yang baru Anda beli ditarik dan Anda perlu menebusnya.

Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan detail-detail kelengkapan surat dan keadaan mobil bekas sebelum membelinya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas

Untuk menghindari kerugian ketika membeli mobil bekas, berikut tips yang dapat dilakukan.

1. Periksa keadaan finansial

Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memeriksa keadaan finansial Anda.

Anda perlu menetapkan rentang harga mobil bekas yang Anda inginkan dan mencocokkannya dengan keadaan finansial, jangan sampai mobil bekas yang dibeli terlalu memberatkan kondisi finansial Anda.

Selain itu, Anda juga bisa merancang skema pembelian mobil bekas, misalnya Anda akan membeli mobil bekas secara cash atau kredit dengan bunga yang sudah ditentukan.

2. Usahakan survei langsung

Hal kedua adalah mengusahakan survei secara langsung ketika hendak membeli mobil bekas. Sebisa mungkin gunakan laman web penyedia jasa jual beli mobil hanya untuk memeriksa ketersediaan dan penyambung dengan penjual.

Ketika menemukan sebuah iklan mobil bekas yang cocok dengan dompet, usahakan dapat menyurvei secara langsung agar dapat mengecek keadaan mobil yang tak terlihat dalam foto/video.

3. Periksa surat kepemilikan mobil

Ketika membeli mobil bekas, kelengkapan surat kepemilikan mobil adalah hal yang wajib dicek.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari masalah yang mungkin datang di kemudian hari.

Selain ada/tidaknya BPKB dan STNK mobil, periksa juga riwayat pembayaran pajak. Anda juga bisa menanyakan sebelum dijual, mobil tersebut dibeli dengan cara apa.

Jika dokumen sudah lengkap, pastikan pula telah menyesuaikan data yang ada di dokumen dengan mobil bekas yang hendak dibeli, seperti plat nomor, nomor rangka, dan lainnya.

4. Periksa catatan servis

Hal yang tak boleh terlewat selanjutnya adalah melihat catatan servis ketika mengecek kondisi mobil.

Melalui catatan servis, Anda dapat melihat apakah mobil bekas yang hendak dibeli mendapatkan perawatan berkala sehingga meminimalisir kerusakan mesin pasca pembelian.

Selain itu, Anda juga bisa melihat riwayat kerusakan apa yang pernah dialami mobil bekas yang hendak dibeli. Dengan informasi tersebut, Anda dapat mengetahui gambaran umum keadaan mobil bekas yang hendak dibeli.

Verifikasi juga apakah mobil pernah mengalami kerusakan parah seperti terendam banjir atau tidak.

5. Cek fisik mobil bekas

Setelah mengecek surat-surat mobil, hal yang harus diperhatikan selanjutkan adalah mengecek kondisi fisik mobil yang hendak dibeli.

Hal umum yang perlu dicek adalah usia mobil dan berapa kilometer yang sudah ditempuh mobil tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi interior dan eksterior mobil sebagai berikut:

a) Eksterior yang perlu diperhatikan

Saat membeli mobil bekas, kondisi eksterior perlu diperhatikan dengan melihat bagian-bagian berikut:

  • Body mobil: Periksa apakah struktur rangka dan warna sudah mengalami modifikasi. Hindari mobil bekas dengan modifikasi berlebih. Anda juga bisa mengecek apakah ada cacat pada body mobil.
  • Mesin mobil: Secara kasat mata, lihatlah apakah mesin terlihat terawat dan tak berdebu ketika membuka kap mesin. Anda juga bisa mendengarkan bunyi mesin ketika mobil dihidupkan selama 10 menit, mesin yang baik akan bersuara halus. Anda juga dapat mengecek warna asap yang dikeluarkan knalpot.
  • Aki mobil: Aki mobil yang soak dapat dilihat dengan tanda berupa lampu mobil dan klakson yang lebih redup daripada seharusnya.
  • Suspensi: Pastikan suspensi mobil masih dalam keadaan baik. Anda dapat mengeceknya dengan menutup pintu bagasi belakang–apakah mobil bergoyang secara berlebihan atau tidak.
  • Keadaan ban: Ban mobil yang bermasalah dan dibiarkan terlalu lama dapat memengaruhi suspensi dan mengharuskan servis yang mahal. Oleh karenanya, pertimbangkan lagi membeli mobil bekas dengan keadaan ban yang kurang baik.
  • Kampas rem: Pastikan juga Anda mengecek keadaan kampas rem, apakah masih tebal dan dapat mengerem dengan baik. Anda juga dapat memeriksanya dengan melihat secara langsung menggunakan senter.

b) Interior yang perlu diperhatikan

Selain eksterior, kondisi interior mobil juga jadi hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam interior mobil bekas:

  • AC mobil: Komponen pertama yang perlu dicek adalah keadaan AC dalam mobil. Coba hidupkan dan rasakan apakah bekerja dengan baik untuk mendinginkan ruangan atau tidak.
  • Perseneling: Pastikan Anda telah mengecek perseneling mobil. Perseneling yang kurang baik biasanya keras dan sulit digerakkan.
  • Head unit: Anda juga perlu mengecek apakah komponen di head unit, seperti radio, tombol lampu, tombol pengatur kaca jendela, dan tombol lain masih berfungsi dengan baik.
  • Setir mobil: Pastikan setir mobil tidak bergetar ketika mesin dihidupkan dan dijalankan.

5. Usahakan melakukan test drive

Setelah mengecek kelengkapan surat kepemilikan, riwayat servis, dan kondisi fisik mobil, Anda juga perlu melakukan test drive.

Cobalah untuk merasakan fungsi steering mobil, suspensi, keadaan rem, fungsi kelistrikan seperti lampu dan lainnya, serta bunyi mesin ketika dijalankan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat mengetahui kondisi mobil bekas secara umum dan dapat menilai apakah mobil tersebut pantas dibeli.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang dibanderol terlalu murah karena berkemungkinan memiliki riwayat bermasalah.

Meskipun perlu perhatian ekstra, membeli mobil bekas yang berkualitas bukannya tidak mungkin. Anda hanya perlu teliti agar tidak merugi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR