Halte Pindah Sementara Hingga Rute TransJakarta Dialihkan Imbas Kebakaran Halte Tendean

16 Agustus 2023 16:08 WIB

Narasi TV

Halte Tendean saat kebarakan terjadi pada Senin, (14/08). Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Halte Tendean untuk sementara waktu dialihkan ke bawah flyover Halte Tendean imbas kebakaran yang terjadi pada Senin (14/8/2023) sore. Halte sementara ini dioperasikan agar TransJakarta tetap bisa melayani penumpang.

“Ini hanya halte sementara saja untuk tetap bisa melayani pelanggan TransJakarta,”ujar Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo pada Selasa (15/8/2023), dilansir dari CNNIndonesia.

Meski sudah ada halte sementara, namun tetap ada penyesuaian layanan TransJakarta. Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza menjelaskan terkait penyesuaian layanan selama halte diperbaiki.

“Koridor 13 rute Tendean-Ciledug hanya melayani sampai Halte Rawa Barat. Lalu untuk rute 13C dilakukan penyesuaian dari Rawa Barat menuju Puri Beta. Kemudian rute L13E juga penyesuaian Halte Rawa Barat sampai ke Puri Beta,” ujar Welfizon dilansir dari Antara.

Kronologi kejadian

Halte TransJakarta Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan kebakaran pada Senin (14/8/2023) sore. Sebanyak 30 petugas dan 7 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan. Upaya pemadaman tidak berlangsung lama karena api cepat diatasi.

Penyebab sementara karena adanya korsleting listrik dari panel listrik di dalam halte, tepatnya pada alat charging station.

“Dugaan penyalaan awal dari panel listrik yang ada di dalam halte busway,” ujar Danton Damkar Mampang Prapatan, Maryono pada Senin (14/8/2023), dilansir dari detikNews.

Saksi mata yaitu satpam TransJakarta menyebut bahwa awalnya panel listrik mengeluarkan asap sehingga menimbulkan percikan api. Ia belum mengetahui secara pasti penyebab panel listrik tersebut mengeluarkan asap.

Meski begitu, Polisi Sektor Mampang Prapatan tetap menerjunkan tim untuk menyelidiki penyebab kebakaran Halte TransJakarta Tendean tersebut. Rencananya hari ini, Selasa (15/8/2023), Puslabfor Mabes Polri akan mengecek penyebab kebakaran tersebut.

“Penyebab api masih dalam penyelidikan, kita koordinasikan dengan Polres Jakarta Selatan dan Puslabfor Mabes Polri,” ujar Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Mashuri pada Senin (14/8/2023), dilansir dari Antara.

Walaupun peristiwa terjadi saat halte sedang ramai penumpang, tetapi tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut karena petugas segera melakukan evakuasi. Hanya saja menurut satpam TransJakarta, sempat ada lima orang yang melompat saat kebakaran terjadi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR