Harvard Ajarkan Bahasa Indonesia ke Mahasiswa Mulai Tahun ini

31 Maret 2023 12:03 WIB

Narasi TV

Suasana perkuliahan di Harvard. Sumber: college.harvard.edu.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Harvard University, salah satu universitas terkemuka di dunia yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, akan mengajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswanya mulai tahun ini. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya universitas untuk memperluas kurikulum bahasa yang tersedia bagi mahasiswa.

Menurut laporan dari The Harvard Crimson, program bahasa Indonesia akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini dan akan terdiri dari tiga kursus. Kursus pertama akan difokuskan pada penguasaan dasar-dasar bahasa Indonesia. Sedangkan kursus kedua dan ketiga akan membahas tentang sastra Indonesia dan budaya masyarakat Indonesia secara mendalam.

Program ini akan diampu oleh Sri Margana, seorang dosen senior dari Universitas Negeri Malang di Indonesia, yang telah mengajar bahasa Indonesia di berbagai universitas di Amerika Serikat selama lebih dari 20 tahun. Ia akan bergabung dengan fakultas departemen Bahasa dan Sastra Asia Tenggara di Harvard University.

Bahasa Indonesia dianggap penting

Rektor Harvard University, Lawrence S. Bacow, menyatakan bahwa peluncuran program bahasa Indonesia adalah langkah yang penting untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Ia juga menyebutkan bahwa bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam geopolitik global dan merupakan bahasa yang digunakan oleh sekitar 240 juta orang di seluruh dunia.

Sementara itu, Sri Margana mengungkapkan bahwa ia sangat senang bisa bergabung dengan Harvard University dan mengajar bahasa Indonesia kepada mahasiswa di sana. Ia berharap program ini akan membantu mahasiswa untuk memahami budaya, sejarah, dan masyarakat Indonesia, serta memperluas wawasan mereka tentang Asia Tenggara.

Dengan peluncuran program bahasa Indonesia ini, Harvard University bergabung dengan sejumlah universitas ternama di Amerika Serikat yang telah lama mengajarkan bahasa Indonesia, seperti University of California, Berkeley, dan Cornell University. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia semakin mendapat pengakuan dan menjadi semakin penting di dunia pendidikan internasional.

Ini tentunya akan membuat bahasa Indonesia semakin mendunia dan mulai dilirik negara-negara Eropa. Demikian informasi seputar Harvard yang mulai mengajarkan bahasa Indonesia ke mahasiswanya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR