Hashim Ungkap Pertemuan Airlangga dengan Prabowo: Golkar Mau Dukung Prabowo atas Restu Jokowi

11 Agustus 2023 15:08 WIB

Narasi TV

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menerima kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (20/9/2022). (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

Penulis: Dzikri N. Hakim

Editor: Akbar Wijaya

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyebut Partai Golkar akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 atas restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diungkapkan Hashim setelah mendapat pertanyaan dari relawan Prabowo terkait dukungan dari partai mana saja yang sudah didapat Prabowo untuk maju menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

"Yang saya tahu, karena saya juga hadir, dari Golkar. saya bisa katakan, secara tidak resmi Pak Airlangga, Pak Lodewijk, dan Pak Dito datang ke Prabowo minggu lalu," kata Hashim dalam diskusi via zoom Pembekalan Materi dan Konsolidasi Relawan Prabowo Digital Team/ Pride, Kamis (11/8/2023).

Menurutnya, ada sinyal positif yang ia dapat dari pertemuan antara jajaran Partai Golkar dengan kakak kandungnya itu.

"Saya hadir, saya tidak ikut diskusi yang rinci karena saya waktu itu ikut rapat di ruangan lain. Tapi yang datang dan saya jabat tangan waktu keluar [mereka beri] sinyal semua senyum-senyum. Pak Prabowo, Pak Muzani senyum-senyum, Pak Airlangga dan Pak Lodewijk dan Pak Dito senyum," ungkapnya.

Hashim menggambarkan senyum itu ternyata menyiratkan dukungan Airlangga ke Prabowo. Ia juga turut menyebut bahwa dukungan itu atas restu dari Jokowi.

"Ternyata mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo dan seizin dan restu dari Pak Jokowi, itu saya bisa katakan," jelasnya.

Selain Golkar, ia juga menyebut Partai Amanat Nasional (PAN) akan memberikan dukungan kepada Prabowo. 

"Terus saat ini yang sudah cenderung, sangat cenderung dukung Pak Prabowo adalah PAN," ujarnya.

Lebih lanjut, Hashim mengatakan sejumlah partai lain di luar parlemen juga turut memberikan dukungannya kepada Prabowo.

"Kalau dari luar Parlemen ada PBB, Pak Yusril, saya kira semua sudah tau. Ada Partai Gelora tim Fahri Hamzah dan Anis Matta, belum deklarasi tapi sudah nyatakan secara tertutup ya waktu itu dukung Prabowo, saya kira itu yg bisa saya sampaikan, dua partai di luar," ungkap Hashim.

"Saya dengar Partai Buruh juga [dukung] tapi itu belum konfirmasi. Dan PSI, tapi PSI juga belum konfirmasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman sempat menyampaikan akan ada parpol besar yang bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Menurutnya, parpol besar itu akan bergabung bersama KKIR untuk mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

“Pokoknya ada partai-partai besar. Infonya saya dapat juga, saya dengar juga akan bergabung dengan kami, kami minta didoakan,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/8/2023).

Habiburokhman juga mengatakan, parpol yang akan bergabung tersebut adalah partai yang ada di parlemen dan non parlemen.

Namun, ia belum bisa membocorkan parpol mana saja yang akan merapat bersama KKIR pada saat itu.

“Kalau dari pembicaraan kawan-kawan di sini, partai parlemen juga yang sampai sekarang belum menentukan pilihan. Naga-naganya juga akan segera menentukan pilihan berlabuh ke koalisi Pak Prabowo. Tentu ada juga yang dari luar parlemen,” ucapnya.



NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR