Survei Indikator Politik: Ridwan Kamil Unggul di Pilkada Jabar

10 Jul 2024 08:07 WIB

thumbnail-article

Ridwan Kamil. Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan tiga nama yang unggul pada Pilkada Jawa Barat 2024 mendatang. Ridwan Kamil berada di posisi teratas pada simulasi semi terbuka 26 nama dengan perolehan elektabilitas sebesar 36,8 persen. 

“Pada simulasi semi terbuka, kami mendaftar nama-nama yang kita anggap punya potensi untuk maju (pada Pilkada Jabar), termasuk dibicarakan di tingkat elit maupun di tingkat masyarakat,” kata Pendiri Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi daring pada Kamis (4/7/2024). 

Dedi Mulyadi di urutan kedua

Berada di bawah Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi menjadi bakal calon Gubernur Jabar lainnya yang diunggulkan dengan selisih yang tipis dari Ridwan Kamil. Mantan Bupati Purwakarta itu mendapatkan elektabilitas sebesar 31,9 persen pada simulasi 26 nama.

Nama Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi juga mendominasi pada simulasi semi terbuka selanjutnya yakni simulasi 12 nama dan simulasi 6 nama, serta simulasi top of mind

“Jadi, per hari ini, kita tidak menemukan nama yang kompetitif selain Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi saja,” lanjut Burhanuddin.

Saat ditanya alasan memilih calon tertentu, sebanyak 39.7 persen dari 1.214 responden memilih Ridwan Kamil dengan pertimbangan bukti nyata dari hasil kerjanya. Sementara itu, sebanyak 44,7 persen responden memilih Dedi Mulyadi karena sosoknya yang dianggap perhatian pada rakyat.

“Jadi, kekuatan Dedi Mulyadi ada di variabel empati, sementara kekuatan Ridwan Kamil ada di variabel teknokratik,” terang Burhanuddin.

Ada Komeng sampai Taufik Hidayat dalam daftar

Hasil yang menarik dari survei Indikator Politik tampak pada simulasi top of mind atau nama-nama yang pertama kali muncul di kepala responden saat ditanya siapa yang akan mereka pilih pada Pilkada Jabar 2024. 

Muncul nama komedian Alfiansyah alias Komeng sebagai nama ketiga yang paling banyak disebut usai Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Pada simulasi yang sama, muncul pula sejumlah nama tokoh publik dan politik seperti Atalia Praratya, Anies Baswedan, Giring Ganesha, Deddy Mizwar, hingga Taufik Hidayat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER