Hasil Terbaru Survey SMRC: Rakyat Lebih Pilih Ganjar Ketimbang Prabowo dan Anies?

7 Jun 2023 16:06 WIB

thumbnail-article

Ganjar Pranowo. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Hasil terbaru survei SMRC menunjukkan Nama Ganjar Pranowo lebih unggul dibanding dua kandidat lainnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ganjar Pranowo yang menjadi bakal calon presiden (Capres), telah mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada periode 30-31 Mei 2023.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Ganjar berhasil meraih dukungan terbanyak dari responden, dengan persentase elektabilitas sebesar 37,9%.

Angka elektabilitas yang dicapai oleh Ganjar dalam hasil terbaru survei SMRC mengungguli beberapa nama lainnya seperti Prabowo Subianto yang memperoleh 33,5%, dan Anies Baswedan yang mendapatkan 19,2%.

"Survei terbaru pada tanggal 30-31 Mei 2023 menunjukkan bahwa Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 37,9% dari pemilih kritis," demikian hasil survei SMRC yang dilansir oleh Kantor Berita Antara pada Senin (5/6/2023).

Selain itu, hasil terbaru survei SMRC juga mengungkapkan bahwa popularitas Ganjar jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Prabowo maupun Anies. Berdasarkan survei tersebut, Ganjar mendapatkan tingkat popularitas sebesar 42,2% dari responden. Sementara itu, Prabowo hanya mencapai angka 32,1% dan Anies sebesar 17,4%.

"Dalam kelompok responden yang memiliki pengetahuan tentang ketiga kandidat, Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 42,2%, yang jauh mengungguli Prabowo dengan 32,1% dan Anies dengan 17,4%. Sedangkan 8,3% responden belum mengetahui siapa yang akan mereka pilih," ungkap SMRC.

Berdasarkan hasil terbaru survei SMRC, diperkirakan bahwa Ganjar masih memiliki potensi untuk meningkatkan elektabilitasnya jika tingkat kekentalannya semakin meningkat.

Survei yang dilakukan oleh SMRC ini melibatkan sejumlah responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Survei dilakukan melalui telepon dan terakhir diperbarui pada tanggal 30-31 Mei 2023.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas, sudah menikah, dan memiliki telepon seluler. Sampel yang diambil sekitar 80% dari total populasi nasional. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah metode random digit dialing (RDD). Metode ini melibatkan proses pemilihan sampel dengan menghasilkan nomor telepon secara acak.

Dengan menggunakan teknik RDD, survei ini dilengkapi dengan validasi dan screening untuk memastikan keakuratan data yang diperoleh. Margin of error dari survei ini diperkirakan sebesar ±3,3% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai hasil terbaru survei SMRC, yang mana Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER