Meski Gagal Tembus Final Usai Kalah dari Uzbekistan, Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade

30 April 2024 18:04 WIB

Narasi TV

Shin Tae-yong. Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Timnas Indonesia U-23 menemui kegagalan dalam mencapai final Piala Asia U-23 2024 saat menghadapi Timnas Uzbekistan U-23, dengan hasil akhir 2-0 untuk Uzbekistan. Gol-gol dicetak oleh Khusayin Norchaev dan gol bunuh diri dari Pratama Arhan di babak kedua.

Pertandingan ini berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa dengan tempo sedang, di mana Uzbekistan dominan dalam penguasaan bola. Meski demikian, Uzbekistan menghadapi kesulitan dalam menciptakan peluang bersih karena pertahanan Garuda yang solid.

Kesulitan pertama Uzbekistan datang dari tendangan mendatar Khosimov, yang sayangnya hanya melebar tipis dari gawang. Namun, dominasi Uzbekistan dalam penguasaan bola terus berlanjut hingga akhir babak pertama, di mana skor tetap 0-0.

Pada babak kedua, Uzbekistan melakukan dua pergantian pemain, yang meningkatkan tekanan mereka terhadap pertahanan Indonesia. Meski Indonesia mencoba dengan serangan balik, Uzbekistan tetap mendominasi.

Gawang Uzbekistan akhirnya kebobolan di menit ke-60, tetapi gol tersebut dianulir karena offside. Di menit ke-64, Uzbekistan berhasil unggul 1-0 melalui tendangan voli Norchaev.

Uzbekistan semakin mendominasi dengan tembakan keras dari Fayzullaev dan sundulan Norchaev yang mengenai mistar gawang.

Indonesia kemudian harus bermain dengan 10 pemain setelah Rizky Ridho mendapatkan kartu merah di menit ke-83. Uzbekistan memanfaatkan situasi ini dengan gol bunuh diri dari Arhan di menit ke-85, mengamankan kemenangan 2-0.

Meski Indonesia tetap mencoba menyerang, skor akhir tetap 2-0 untuk Uzbekistan. Pertandingan ini menunjukkan dominasi Uzbekistan dalam kontrol permainan dan pemanfaatan peluang, sementara Indonesia mengalami kesulitan dalam menghadapi tekanan Uzbekistan.

Shin Tae-yong tetap Optimis

Usai anak asuhnya dikalahkan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae-yong mengakui akan kekuatan lawan dan memberikan ucapan selamat atas kemenangan lawan.

"Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan,” ungkap Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI (30/4/2024).

Kendati demikian pelatih asal Korea Selatan tersebut masih optimis jika skuat Garuda Muda bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

“Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR