Helikopter Jatuh di Ciwidey, TNI AD: Tak Ada Korban Jiwa

29 Mei 2023 14:05 WIB

Narasi TV

Sebuah ponsel memperlihatkan video helikopter yang jatuh di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Sebuah helikopter milik terjatuh di kawasan perkebunan Ciwidey, tepatnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023).

Helikopter yang rupanya milik TNI AD itu diduga jatuh di tengah area perkebunan dan mengalami kebakaran. 

Kejadian itu dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari dalam keterangan tertulisnya.

“Heli tersebut diperkirakan jatuh sekitar pukul 13.30 waktu setempat, hingga terbakar. Namun tidak ada korban jiwa, baik dari prajurit TNI AD yang melaksanakan latihan, maupun dari masyarakat sekitar,” kata Hamim seperti dilansir dari Antaranews.com.

Sejumlah mobil dinas TNI dan mobil pemadam kebakaran tampak berlalu lalang menuju lokasi jatuhnya helikopter pada Minggu malam pukul 20.00 sampai 21.00 WIB. 

TNI juga membatasi akses warga ke lokasi jatuhnya helikopter guna memastikan keselamatan warga sekitar.

Kecelakaan saat latihan

Berdasarkan keterangan Hamim, helikopter berjenis Bell 412 milik TNI AD itu mengalami kecelakaan saat digunakan untuk mendukung latihan pra tugas Batalyon Infanteri 300/BJW di kawasan Kampung Bayongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Hamim memastikan seluruh kru helikopter yang berjumlah lima orang selamat meskipun sejumlah kru mengalami luka-luka akibat benturan. 

“Seluruh kru heli telah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi, guna mendapatkan penanganan medis,” ujar Hamim. 

Lebih lanjut, Hamim menjelaskan helikopter milik TNI AD itu dioperasikan oleh Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) dalam rangka latihan pra tugas, baik dalam mobilisasi udara maupun dukungan logistik. 

Hingga saat ini, masih dilakukan penyelidikan oleh pihak berwenang untuk mengetahui kronologi dan penyebab jatuhnya helikopter Bell 142 milik TNI AD. 

“Dan TNI AD telah mengirimkan tim investigasi untuk menangani kasus kecelakaan heli tersebut,” pungkas Hamim. 

Sebelumnya, video jatuhnya helikopter di tengah perkebunan Ciwidey ramai beredar di media sosial. 

Video itu menunjukkan helikopter yang terbakar dan mengeluarkan asap hitam.

Sejumlah warga tampak membantu menyelamatkan penumpang helikopter yang jatuh tepat di atas perkebunan milik warga itu. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR