Hukum Bacaan Iqlab: Pengertian dan Juga Contohnya Dalam Kalimat

28 Mar 2023 19:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim membaca Al-Qur'an dengan memperhatikan tajwid, termasuk iqlab. (Sumber: Pexels/RODNAE Productions)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Ketika mempelajari dan membaca Al-Qur’an ada aturan yang harus dipelajari, salah satunya hukum bacaan iqlab

Bacaan iqlab sendiri terjadi ketika nun sukun ( نْ ) atau nun mati ataupun tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) bertemu dengan huruf hijaiyah ba ( ب ) .

Sebelum membahas lebih jauh kita perlu tahu dulu mengenai dasar dari bacaan iqlab, berikut adalah pembahasan lebih lengkap mengenai bacaan iqlab, cara membaca dan juga contoh bacaannya.

Apa itu iqlab?

Dalam hukum nun sukun atau mati terdapat lima hukum bacaan yaitu idghom bighunnah, idghom bilaghunnah, izhar, ikhfa dan juga iqlab.

Merujuk pada buku karya Mahfan yang berjudul Pelajaran Tajwid Praktis (2005) menjelaskan bahwa pengertian iqlab secara bahasa artinya mengubah suatu dari bentuknya.

Sementara jika merujuk pada istilah tajwid, iqlab merupakan perubahan nun sukun atau tanwin menjadi mim yang tersembunyi dibaca dengung jika bertemu huruf ba ( ب ).

Cara mudahnya membaca huruf iqlab adalah dengan merapatkan bibir atas dengan bawah yang diiringi suara dengung selama dua harakat atau sepanjang satu alif.

Contoh bacaan iqlab

 مِنۡۢ بَعۡدِ = min ba’di dibaca mim ba’di (nun mati “ نْ “  bertemu dengan ba “ ب”  ).

صُمٌّۢ بُكْمٌ = summunbukmun dibaca shummummbukmun (tanwin dommah “ ــٌــ” bertemu huruf ba “ ب”).

جَزَآءُ سَيِّئَةٍۭ بِمِثْلِهَا = Jazā`u sayyi`atim bimiṡlihā (tanwin kasrohtain ( ـِــٍـ) yang bertemu dengan huruf ba (ب)).

كَمَآ أَخْرَجَكَ رَبُّكَ مِنْ بَيْتِكَ بِٱلْحَقِّ = Kamā akhrajaka rabbuka mim baitika bil-ḥaqqi (nun mati (نْ) bertemu dengan huruf ba (ب)).

كَلَّا‌ لَيُنۡۢبَذَنَّ فِى الۡحُطَمَةِ = kalla layum ba zanna fil hutamah (nun mati “ نْ “  bertemu dengan ba “ب”)

لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ = la nasfa'am bin nasiyah (tanwin fathah bertemu dengan huruf ba (ب)).

Dasar mempelajari ilmu tajwid ini sangat dianjurkan dalam Islam, pasalnya membaca Al-Qur’an adalah sebuah kewajiban dan kewajiban tersebut dibarengi dengan bacaan yang baik dan benar.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER