10 Perusahaan Dalam Negeri Gelontorkan Dana 40 Triliun untuk Proyek Infrastruktur IKN

25 September 2023 12:09 WIB

Narasi TV

Wisatawan berkunjung ke lokasi Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat kucuran dana investasi mencapai Rp40 triliun melalui konsorsium Agung Sedayu Group (ASG). Nantinya, dana ini akan digunakan untuk membangun fasilitas mixed used mulai dari mal hingga perkantoran di IKN.

Konsorsium ini diketuai oleh Sugianto Kusuma alias Aguan. Anggota konsorsium mulai dari Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto, serta Djarum milik Budi Hartono.

Kemudian ada juga Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, dan Astra Group milik Soeryadjaya.

Kawasan mixed used yang dimaksud mencakup tempat tinggal berbentuk rumah tapak atau rumah susun, perkantoran, mal, pusat hiburan, dan hotel. Selain membangun fasilitas mixed used, ASG uga mencakup komitmen investasi terhadap proyek botanical garden di IKN. 

Peletakan batu pertama atau groundbreaking sudah berlangsung pada Kamis (21/9/2023) lalu di Sumbu Kebangsaan. Fasilitas pertama yang dibangun adalah hotel. Acara groundbreaking ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

“Di area itu nanti ada perkantoran, ada shopping mall di area 17 hektar dan yang membangun itu sebuah konsorsium isinya ada 10 perusahaan,” ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono pada Kamis (21/9/2023), dilansir dari Bisnis.com.

Selain groundbreaking proyek ASG, Presiden Joko Widodo juga turut menghadiri groundbreaking di tempat pelatihan sepak bola berstandar FIFA dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), serta Rumah Sakit Internasional Hermina.

Diminta rampung sebelum Agustus 2024

Pada saat groundbreaking Hotel Nusantara yang dibangun oleh ASG, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menginginkan agar proyek hotel rampung sebelum Agustus 2024.

Ia ingin agar durasi pembangunan Hotel Nusantara cepat selesai. Harapannya, pada Agustus 2024 nanti IKN akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bagaimana caranya hotel harus jadi sebelum atau Agustus,”ujar Bahlil pada Jumat (22/9/2023) dikutip dari detikNews.

Seperti diketahui, Hotel Nusantara adalah hotel bintang lima yang ada di IKN. Kehadiran ASG sebagai investor ini dapat memberikan rasa percaya diri atas diminatinya IKN di kalangan investor. Apalagi menurut penuturan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, kalangan investor ini mayoritas dari pengusaha dalam negeri.

“Terima kasih kepada Pak Aguan dan kawan-kawan yang hadir pada sore hari ini. Ini memberikan confidence, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor,”ujar Jokowi saat acara groundbreaking, dikutip dari detik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR