Ingin menjadi Ghost Writer? Simak Proyeksi Karier Serta Kelebihan dan Kekurangannya

25 Desember 2022 15:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas menulis. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kamu seorang penulis? Pernah mencari tahu  tentang ghost writer atau penulis bayangan? Bagi sebagian orang yang aktif di dunia kepenulisan tentu istilah ghost writer sudah tidak asing lagi. Biasanya para ghost writer tidak mencantumkan kredit atau nama pada setiap tulisannya yang mereka buat.

Apa itu Ghost Writer?

Ghost Writer atau penulis bayangan adalah penulis lepas yang membuat konten tulisan yang tidak bisa mencantumkan namanya sendiri melainkan  nama orang lain. Seorang ghost writer harus mampu menirukan gaya bahasa dan tulisan para klien mereka. Biasanya politisi, aktor, pemilik bisnis, atlet, musisi, dan tokoh besar lainnya adalah mereka yang menggunakan jasa ghost writer.

Orang-orang penting tersebut biasanya yang merasa tidak punya waktu untuk menyusun tulisan buku dan tidak percaya diri dengan tulisan mereka. Tidak hanya buku, ghost writer juga menulis artikel, buletin, blog, pidato dan lain sebagainya. Syarat utama sebagai ghost writer adalah mereka yang tidak diizinkan untuk mencantumkan identitas mereka kepada publik, apalagi sampai mengakui sebagai penulis dari karya yang mereka buat.

Meskipun tidak mencantumkan nama, seorang ghost writer bisa menghasilkan nominal rupiah yang cukup besar loh. Pekerjaan ini cocok bagi sebagian orang yang ingin menikmati karier sebagai seorang penulis namun tidak harus dikenal dengan predikat tersebut.

Skill-set untuk menjadi ghost writer

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang ghost writer, berikut adalah skill yang harus kamu miliki dikutip dari writersdigest.com 

Skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang ghost writer adalah kepercayaan diri. Hal ini untuk meyakinkan klien bahwa kamu memiliki kemampuan yang diinginkannya. Serta dapat memenuhi hasil yang dibutuhkan klienmu.

Kedua, harus memiliki kreativitas yang tinggi, untuk menyusun konsep, mengatur, mengedit dan menulis tulisan atau ide yang diberikan oleh klien.

Skill yang ketiga adalah fleksibilitas dalam mengatur waktu agar dapat menyesuaikan dengan tenggat yang diberikan klien. Biasanya seorang ghost writer memerlukan informasi dari kliennya, baik itu tulisan atau wawancara. Namun seringkali klien sibuk dengan jadwal yang padat. Maka sebaiknya sebagai seorang ghost writer kamu harus memiliki waktu yang fleksibel.

Seorang ghost writer harus memiliki kemampuan mengelola informasi dari klien atau bahkan melakukan riset tertentu, dan mencari informasi dari klien mereka.

Terakhir sebagai nilai tambahan, seorang ghost writer sudah pernah memiliki publikasi karya dalam bentuk artikel atau buku, sehingga klien akan lebih percaya dengan skill yang dimiliki. Terutama ghost writer yang memiliki pemahaman mengenai industri percetakan atau penerbitan buku.

Manfaat atau keuntungan menjadi ghost writer

  • Tidak perlu memikirkan publikasi dan promosi untuk karya yang ditulis
  • Dapat menjadi medium pengembangan diri dalam dunia penulisan sebagai penulis lepas
  • Tidak memerlukan waktu yang lebih banyak untuk riset, mengingat data yang diperlukan seringkali sudah diberikan oleh klien.
  • Dapat meningkatkan skill dalam penulisan karena menjadi seorang ghost writer harus mampu menulis dengan gaya bahasa tulisan klien
  • Berpeluang untuk bertemu dengan tokoh-tokoh besar sebagai klienmu
  • Memiliki kesempatan mencapai target pembaca yang lebih luas dari konten tulisan yang dibuat oleh seorang ghost writer
  • Mendapatkan pengalaman baru untuk mengasah kemampuan menulis dan dapat mempersiapkan diri agar bisa menulis karyamu sendiri.

Kelebihan dan kekurangan menjadi ghost writer

Menjadi seorang ghost writer tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menjadi ghostwriter

Kelebihan

  • Dapat melakukan pekerjaan di mana saja, tanpa perlu datang ke kantor
  • Bisa mengatur waktu pekerjaan dan jadwal sendiri
  • Tidak perlu bertanggung jawab jika tulisanmu tidak diterima dengan baik oleh publik
  • Dapat meningkatkan skill dan kemampuan menulis, semakin banyak karya yang ditulis maka semakin tinggi kepercayaan klien akan kemampuan kamu sebagai penulis

Kekurangan

  • Tidak berhak untuk mencantumkan nama pribadi, walaupun nantinya buku yang kamu tulis terkena, kamu tidak dapat mengakui tulisan yang kamu hasilkan
  • Menjadi seorang ghost writer tentunya adalah pekerjaan lepas yang tidak setiap bulan ada. Kadang ada kalanya memiliki nilai proyek besar, tetapi kadang tidak bernilai sama sekali
  • Harus berusaha lebih untuk memahami klien yang akan ditulis, karena terkadang klien tidak menyampaikan informasi mereka secara terbuka
  • Memiliki deadline pekerjaan yang mengikat dengan hasil yang maksimal


Bagaimana tertarik untuk menjadi seorang ghost writer? Sebelum memulainya tentu kamu harus memiliki skill yang menulis yang memadai terlebih dahulu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR