Jadi Juara Umum 2023, Indonesia Hattrick ASEAN Para Games

9 Juni 2023 17:06 WIB

Narasi TV

Para atlet Indonesia memberi hormat dalam acara pelepasan kotingen Indonesia dalam gelaran ASEAN Para Games XII Kamboja 2023 di Baai Kota, Solo, Jawa Tengah pada Senin (29/05/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Kontingen Indonesia dapat dipastikan menjadi juara umum dalam ajang ASEAN Para Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja. 

Meski saat ini beberapa cabor masih bertanding, namun perolehan medali tim Indonesia sudah tidak mungkin bisa terkejar oleh kontingen lainnya.

Hingga hari Jumat (09/06/2023) pukul 09.30 WIB, kontingen Indonesia berhasil mengantongi sebanyak 153 medali emas, 141 medali perak, dan 87 medali perunggu.

Sedangkan pada posisi kedua ditempati oleh tim Thailand dengan 123 medali emas, 107 medali perak, dan 84 medali perunggu.

Pada posisi ketiga bertengger tim Vietnam dengan mengoleksi 66 medali emas, 56 medali perak, dan 77 medali perunggu.

Dengan torehan poin tersebut Indonesia dapat dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023.

Pencapaian ini lantas memenuhi target yang dipasang oleh Indonesia, sekaligus mencatatkan kemenangan menjadi juara umum tiga kali berturut-turut dalam tiga edisi terakhir.

Pada dua edisi sebelumnya, yakni di Solo 2022 dan di Malaysia 2017, Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games.

Tim Indonesia dipuji Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan pujian setinggi-tingginya atas keberhasilan kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games edisi kali ini.

"Ini hebat karena tidak hanya banyak di medali emas, tetapi juga di perak dan perunggu. Ini juara umum yang paripurna. Di ASEAN Para Games ini Indonesia memecahkan rekor di 15 nomor, 4 powerlifting, 11 swimming," ucap Menpora Dito Ariotedjo.

Lebih lanjut Pak Menpora mengklaim jika pencapaian tersebut merupakan tonggak sejarah baru bagi Indonesia selama keikutsertaannya di ASEAN Para Games. 

Di sisi lain ia juga bersyukur atas pencapaian Indonesia di ajang SEA Games dan ASEAN Para Games.

"Ini merupakan tonggak sejarah, menjadi medali terbanyak dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games saat tak jadi tuan rumah. Saya bersyukur sejak SEA Games dan Paragames banyak sejarah dan rekor tercipta," imbuhnya.

Demikian informasi seputar kontingen Indonesia kembali meraih status juara umum ASEAN Para Games untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR