Janji Prabowo Kampanye di Kalimantan: Kelola SDA dengan Baik dan Lindungi Kebudayaan Adat

21 Januari 2024 15:01 WIB

Narasi TV

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1/2024). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Calon presiden (capres) nomor urut dua Prabowo Subianto berjanji akan mengelola secara baik sumber daya alam (SDA) yang ada di Pulau Kalimantan jika dipilih pada Pemilihan Umum 2024.

“Masa depan bangsa ada di Kalimantan, sumber daya alam yang begitu melimpah ini harus dikelola secara baik,” ujar Prabowo dalam orasi kampanye di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (20/1/2024).
 
Ia mengatakan Kalimantan memiliki SDA melimpah mulai dari tambang batu bara, kepala sawit, minyak dan gas Bumi serta kekayaan alam hutan yang mengagumkan.
 
“Saya sudah menyiapkan tim jika terpilih pada Pemilu 2024, tim ini akan saya kerahkan secara maksimal mengelola kekayaan alam di Kalimantan,” katanya.
 
Ketua Umum Partai Gerindra ini menegaskan akan melanjutkan semua program Presiden Joko Widodo, khususnya pengelolaan SDA yang ada di Pulau Kalimantan.
 
Menurut dia untuk membangun bangsa ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan tidak bisa dikerjakan dengan waktu yang singkat dan segelintir orang.
 
Oleh karena itu, dia meminta dukungan seluruh masyarakat khususnya warga Kalimantan agar diberikan kepercayaan menjabat sebagai presiden ke-8 pada Pemilu 2024.
 
Ia mengungkapkan komitmen kuatnya untuk melayani dan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi.
 
“Dalam 24 hari lagi, seluruh rakyat Indonesia akan melaksanakan tugas penting untuk menentukan masa depan bangsa dengan cara memilih calon pemimpin untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Lindungi Masyarakat Adat

Prabowo juga berjanji melindungi kebudayaan masyarakat adat khususnya di pedalaman.
 
“Keberadaan masyarakat adat sangat penting untuk menjaga warisan budaya, kita harus memastikan mereka mendapatkan haknya secara adil,” katanya.

Prabowo bertekad menjamin hak-hak masyarakat adat terpenuhi dengan cara meningkatkan kualitas hidup secara merata.

“Masyarakat adat adalah bagian dari bangsa Indonesia, mereka juga berhak menikmati hasil perjuangan para pahlawan,” ujar dia lagi.

Menteri Pertahanan ini menuturkan dalam kunjungan sekaligus kampanye di Kalimantan, dia bertemu dengan para tokoh adat Pasukan Merah Suku Dayak Kalimantan. Menurut dia, budaya adat adalah salah satu upaya menjaga lingkungan hidup agar kekayaan alam pedalaman tidak diganggu orang asing.

Oleh karena itu, Prabowo berharap kualitas hidup masyarakat adat dapat lebih layak lagi, ini juga menjadi komitmen dan tekad baginya jika menang di Pilpres 2024.

“Semua masyarakat adat harus menikmati hasil kemerdekaan bangsa, mereka mempunyai tugas mulia untuk menjaga tanah air di pedalaman,” ujarnya lagi.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR