Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, 2.188 Personel Polda Jawa Tengah Disiagakan

4 Desember 2022 07:12 WIB

Narasi TV

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Polda Jawa Tengah menyiagakan sebanyak 2.188 personelnya untuk persiapan pengamanan acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Surakarta, 11 Desember mendatang.
 
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi di Solo, Sabtu, mengatakan dirinya telah menggelar rapat analisis dan evaluasi bersama Wakapolda, Kapolresta Surakarta dan Kapolres di Soloraya terkait pengamanan tamu.
 
"Jadi untuk Soloraya memang melakukan kegiatan preentif prefentif menjelang pelaksanaan pernikahan Kaesang- Erina. Aparat keamanan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Soloraya mulai dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri," kata Luthfi dikutip Antara, Sabtu (3/12/2022).
 
Luthfi mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) berupa perencanaan jalur mulai dari kedatangan tamu,  penginapan di hotel, kemudian pergerakan tamu sampai di tempat resepsi Pura Mangkunegaran.
 
"Termasuk pola-pola pengamanan beberapa jalur nanti akan dijadikan objek one gate system atau sistem pengamanan yang hanya memiliki satu pintu utama. Jadi tidak ada wilayah Pura Mangkunegaran yang sebagai ring satu ada jalur yang kroscek," kata Kapolda.
 
Kata Kapolda pada H-5 resepsi atau Senin (5/12), pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait pengalihan arus yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah Solo.
 
"Dirlantas Polda Jateng dan Kapolres akan melakukan sosialisasi. Pada prinsipnya jajaran Polresta Surakarta yang di-back up oleh Polda Jateng sudah disiapkan termasuk rencana kontingensi seperti dari keterlibatan personel, ploting anggota, pengalihan arus dan tempat parkir sudah disiapkan," kata Kapolda.
Jumlah tamu yang hadir diperkirakan sebanyak 6.000 orang termasuk dari bandara dan yang sudah di hotel. Sesuai kebijakan hasil rapat ada tamu yang disiapkan dengan bus di masing-maisng penginapan.
 
Ada tamu yang dibawa langsung masuk ke Mangkunegaran dan yang disiapkan parkir di Benteng Vastemburg dan Stadion Manahan, kemudian dibawa dengan bus ke Pura Mangkunegaran jumlah bus yang disiapkan sekitar 220 unit untuk mengantar para tamu ke Mangkunegaran.
 
Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan personel yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan berasal dari seluruh satuan kepolisian di Jajaran Polda Jawa Tengah.
 
"2188 personel itu, akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab Jalan Slamet Riyadi serta Pura Mangkunegaran," kata Kabidhumas.
 
Sementara itu, untuk posko kegiatan, kata dia, Polda Jateng menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta. Kesemua posko dilengkapi alat komunikasi canggih termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulance.
 
"Secara umum, Polri khususnya Polda Jateng sudah menyiapkan personil dan sarana untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan, pada pelaksanaannya nanti kami akan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat termasuk dengan Pemkot Surakarta dan unsur TNI," katanya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR