Kenali Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaru 2024

28 Apr 2024 20:04 WIB

thumbnail-article

Pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sebagai salah satu jalur masuk perguruan tinggi. (Sumber: ANTARA/Willi Irawan)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Perguruan tinggi negeri maupun swasta selalu membuka jalur pendaftaran bagi mahasiswa baru setiap tahunnya. Bahkan pilihan jalur seleksi pun semakin beragam. Ketahui jenis jalur masuk perguruan tinggi negeri dan swasta berikut ini.

Jalur masuk perguruan tinggi memang cukup beragam. Masing-masing memiliki proses yang berbeda menyesuaikan kemampuan dan keterampilan calon mahasiswa. Setiap jalurnya pun menyediakan kuota yang berbeda.

Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Jadi proses perkuliahannya pun tetap sama meski jalur masuknya berbeda.

Lantas, apa saja jenis jalur masuk perguruan tinggi negeri dan swasta, serta apa perbedaan dari masing-masing jalur tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jalur masuk perguruan tinggi negeri

Istilah jalur masuk perguruan tinggi negeri memang mengalami perubahan. Namun, maknanya tetap sama dan prosesnya pun tidak jauh berbeda. 

Jalur masuk ini mencakup mekanisme seleksi yang sudah dirancang untuk mengakomodasi latar belakang dan prestasi calon mahasiswa yang beragam.

Adapun jalur masuk perguruan tinggi negeri di antaranya:

  • Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)
    SNBP merupakan nama lain dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SNBP dilakukan secara serentak tanpa melibatkan tes atau ujian tertulis.
    Berkas yang harus dipenuhi saat SNBP ialah nilai rapor yang memenuhi syarat. Pendaftarnya yaitu calon mahasiswa yang dinyatakan eligible atau layak mengikuti SNBP oleh pihak sekolah.
    Calon mahasiswa boleh memilih dua perguruan tinggi dan dua pilihan program studi. Hal yang menjadi pertimbangan dalam seleksi yaitu prestasi akademis, partisipasi dalam ekstrakurikuler, dan portofolio.
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
    SNBT merupakan nama lain dari SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SNBT dilakukan dengan cara tes atau ujian tertulis yang digelar serentak oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia.
    Keunggulan jalur ini adalah mampu menampung lulusan SMA/SMK/sederajat dari dua sampai tiga tahun sebelumnya. Jadi, persaingan tidak hanya dengan sesama angkatan, melainkan lintas angkatan.
    SNBT disebut lebih efisien, fleksibel, dan terjangkau bagi seluruh calon mahasiswa. Nantinya mereka akan diberi soal ujian sebagai penentu keberhasilan menggunakan pengetahuan akademis dan penalaran.
  • Jalur Mandiri
    Jalur mandiri atau disebut juga ujian mandiri biasanya dibuka oleh PTN maupun PTS tanpa melalui seleksi nasional atau jalur umum. Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar ke perguruan tinggi tanpa harus mengikuti ujian atau seleksi bersama.
    Meski kuotanya cukup banyak, peminat jalur mandiri biasanya sedikit. Tak heran jika persaingan jalur mandiri tidak terlalu ketat. Namun, yang harus diperhatikan adalah soal biaya pendidikan.
    Jalur mandiri memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT) setiap semester dan uang pangkal yang dibayarkan satu kali ketika pertama kali masuk. Nominalnya pun berbeda-beda tergantung program studi dan universitas yang dipilih.

Jalur masuk perguruan tinggi swasta

Tidak jauh berbeda dengan PTN, berikut jalur masuk perguruan tinggi swasta yang bisa diikuti calon mahasiswa:

  • Jalur Akademik
    Jalur akademik memungkinkan calon mahasiswa untuk melampirkan nilai rapor selama bersekolah di jenjang SMA/SMK/sederajat. Calon mahasiswa tidak perlu mengikuti tes masuk karena pihak universitas akan mengevaluasi nilai rapor.
    Yang perlu diperhatikan ialah syarat nilai rapor berbeda-beda setiap universitas. Jadi, pastikan calon mahasiswa telah memenuhi persyaratan tersebut.
  • Jalur Prestasi
    Jalur prestasi adalah jalur yang dipilih calon mahasiswa melalui prestasi akademik maupun non-akademik. Calon mahasiswa bisa melampirkan sertifikat prestasi non-akademik lewat jalur ini. Sama seperti jalur akademik, calon mahasiswa tidak perlu mengikuti ujian masuk.
  • Jalur Tes Reguler
    Jalur tes reguler biasanya menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan saat mengikuti SNBT. Namun, ada juga perguruan tinggi yang akan menggelar tes secara mandiri bagi calon mahasiswa.
    Calon mahasiswa harus mengikuti rangkaian tes di jalur ini, mulai dari tes kemampuan dasar, wawancara, dan tes kemampuan desain bagi jurusan tertentu. Jadi, pastikan calon mahasiswa telah mempersiapkannya dengan matang.

Itu tadi beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri dan swasta terbaru. Siap untuk mengikuti rangkaian prosesnya?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER