4 Tipe Studio di Bioskop XXI, Regular hingga Premiere

22 April 2024 18:04 WIB

Narasi TV

Bioskop XXI. Sumber: 21cineplex.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Sebelum menjamurnya layanan over-the-top (OTT), kegiatan menonton film umumnya dilakukan di bioskop. 

Cinema XXI atau yang lebih dikenal dengan sebutan XXI adalah salah satu jaringan bioskop terbesar di Indonesia. 

Jaringan bioskop ini tersebar di banyak kota di seluruh Indonesia, sebagian besar terletak di dalam pusat perbelanjaan. 

XXI umumnya memutar film-film Hollywood dan Indonesia sebagai sajian utama. Selain menayangkan berbagai judul film, XXI juga memberikan fasilitas lainnya kepada pencinta sinema mulai dari kafe, lounge, hingga toilet yang bersih. 

Cinema XXI pertama kali didirikan di Plaza Indonesia Entertainment X’nter pada 7 Januari 2004. Pada saat itu, baru terdapat dua jenis teater atau studio yakni reguler dan premier. 

Saat ini, XXI telah mengembangkan empat tipe studio dengan fasilitas yang berbeda-beda yakni studio Regular/Deluxe, Dolby Atmos, IMAX, dan The Premiere. 

Studio Regular/Deluxe

Regular atau Deluxe merupakan tipe studio yang paling banyak tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau, penonton sudah dimanjakan dengan audio berstandar dunia dan sofa empuk yang nyaman. 

Harga tiket untuk menonton film di studio Regular atau Deluxe bervariasi, mulai dari Rp30.000 untuk weekdays hingga Rp50.000 di akhir pekan. 

Studio Dolby Atmos

Studio Dolby Atmos berada satu tingkat di atas studio Regular/Deluxe. Tipe studio ini memiliki susunan kursi dan layar standar. Yang membedakannya dengan studio Regular adalah teknologi audio yang digunakan. 

Studio Dolby Atmos menggunakan teknologi Dolby Digital Surround 7.1 yang memberikan pengalaman menonton film seperti mendengar suara asli. Ciri khas studio Dolby Atmos yakni penempatan kursinya yang terbagi menjadi tiga bagian yakni kanan, tengah dan kiri.

Tipe studio ini dapat dijumpai di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Harga tiketnya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp60.000.

Studio IMAX (Image Maximum)

Studio IMAX atau Image Maximum menawarkan pengalaman menonton dengan layar yang lebih besar dibandingkan studio jenis lainnya. Tipe studio ini pertama kali diluncurkan pada 2012 dan saat ini baru tersedia di beberapa lokasi di Jabodetabek, Surabaya dan Medan. 

Film yang diputar di studio IMAX menggunakan teknologi khusus sehingga judul-judul yang ditayangkan cukup terbatas. Untuk tiketnya sendiri dibanderol mulai dari Rp75.000 sampai dengan Rp100.000, tergantung jenis film, hari, dan lokasi penayangan. 

Studio The Premiere

Di kasta paling tinggi, terdapat tipe studio The Premiere yang dipatok tarif paling tinggi. Sepadan dengan harganya, penonton akan mendapatkan fasilitas yang lebih mewah dan eksklusif dibandingkan studio lainnya. 

Ruangan di studio The Premiere didesain secara khusus dan dilengkapi dengan sofa individu berukuran besar yang empuk. Kursi ini dilengkapi dengan tombol untuk mengatur posisi kaki, punggung, dan kepala sehingga penonton bisa tetap nyaman sepanjang berjalannya film. 

Tak hanya itu, terdapat meja yang luas di samping kursi untuk menaruh makanan dan minuman. Penonton juga dimanjakan dengan fasilitas selimut yang sudah tersedia di kursi masing-masing. 

Untuk bisa merasakan fasilitas di studio The Premiere, penonton perlu merogoh kocek sekitar Rp60.000 hingga Rp200.000. 

Itu dia beberapa tipe studio yang ada di Cinema XXI. Gimana, tertarik untuk mencoba semuanya?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR