Jokowi Lantik Menantu Luhut, Maruli Simanjuntak sebagai KSAD

29 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda pangkat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang menjadi Panglima TNI. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dengan pangkat Jenderal TNI. Maruli merupakan menantu dari Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pelantikan Maruli dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023) siang, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dipandu Presiden Jokowi, Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli.

Dengan pelantikan ini Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI.

Usai prosesi pengambilan sumpah Maruli Simanjuntak, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan.

Hadir menyaksikan agenda pelantikan jajaran Menteri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Maruli Simanjuntak lahir 27 Februari 1970 menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat terhitung sejak tanggal 29 November 2023 hari ini, menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang telah dilantik sebagai Panglima TNI. Pria lulusan Akademi Militer tahun 1992 berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR