Penumpang Rugi Akibat Gagal Naik Whoosh Sesuai Jadwal, KCIC Beri Kompensasi

20 Oct 2023 13:10 WIB

thumbnail-article

Masinis Kereta Cepat Jakarta Bandung memantau situasi penumpang di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Akibat kereta api (KA) Feeder mengalami kendala dari Stasiun Bandung, sebanyak 31 penumpang gagal naik Whoosh. KA Feeder terlambat sampai di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Padalarang. Sementara Whoosh berangkat tepat waktu menuju Stasiun Halim.

Mengutip Tribun Jabar, salah satu penumpang Whoosh menyebut mereka seharusnya tiba di Stasiun Padalarang pukul 06.56 WIB. Namun, kereta Feeder sempat mengalami gangguan pada sistem pembakarannya.

“Kalau seperti ini (terlambat) rugi juga, karena niatnya mau cepat malah terlambat dan berdampak ke pekerjaan,” ujar salah seorang penumpang yang bekerja sebagai audit distributor di Jakarta pada Kamis (19/10/2023).

KCIC meminta maaf

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa memohon maaf atas peristiwa tersebut. Ia menyebut kereta cepat Whoosh mengutamakan ketepatan waktu keberangkatan mendekati 100 persen sehingga tak dapat menunggu penumpang yang terlambat.

“KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Kereta Cepat Whoosh yang mengalami keterlambatan karena adanya kendala operasional kereta Feeder dari Stasiun Bandung,”ujar Eva pada Kamis (19/10/2023).

Sebagai bentuk kompensasi, 30 penumpang yang tertinggal Whoosh diperkenankan mengikuti perjalanan selanjutnya pukul 09.02 WIB tanpa membeli tiket baru. Sementara satu penumpang lain membatalkan perjalanan dan mendapat pengembalian bea tiket sebesar 100 persen.

“Selama menunggu di hall Stasiun Padalarang, KCIC juga memberikan snack serta minuman,” ujar Eva.

Untuk mencegah kejadian serupa kembali terjadi, KCIC akan terus berkoordinasi dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pihaknya akan menyiapkan satu rangkaian cadangan KA Feeder di Stasiun Bandung sebagai bentuk antisipasi.

“KCIC akan terus berkoordinasi bersama KAI untuk pelayanan yang lebih baik,”tutup Eva.

Jadwal kereta cepat Whoosh

Mulai 17 Oktober 2023, Kereta Cepat Whoosh menerapkan tiket berbayar dengan 14 jadwal perjalanan setiap harinya. Perjalanan ini mencakup 7 keberangkatan dari Stasiun Halim dan 7 keberangkatan dari Stasiun Tegalluar.

Bagi penumpang yang ingin menuju Stasiun Bandung dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang akan diberi fasilitas KA Feeder secara gratis. Jadwal keberangkatan KA Feeder juga sudah disesuaikan dengan Kereta Cepat Whoosh.

Berikut ini jadwal keberangkatan Kereta Cepat Whoosh:

  • Keberangkatan dari Stasiun Halim: 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50
  • Keberangkatan dari Stasiun Tegalluar: 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER