Kades Sangrawayang Klarifikasi Penolakan Bersih-bersih Pantai Loji oleh Pandawara Group

2 Oktober 2023 17:10 WIB

Narasi TV

Video yang memperlihatkan kondisi pantai Loji. Sumber: TikTok @pandawaragroups.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Aksi bersih-bersih Pantai Loji yang terletak di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kabupaten Sukabumi, mendadak ramai di media sosial.

Hal ini disebabkan Kepala Desa Sangrawayang dikabarkan menolak aksi yang diinisiasi oleh Pandawara Group itu. 

Pandawara Group merupakan kelompok pemuda asal Bandung yang kerap mengadakan kegiatan pembersihan sungai dan pantai dari sampah. 

Pandawara Group sebelumnya menyebar ajakan untuk mengikuti aksi bersih-bersih Pantai Lojo melalui akun Instagram @pandawaragroup pada Jumat (28/3/2023).

Usai ajakan itu mendapatkan respons yang cukup besar dari warganet, tersiar kabar bahwa Kepala Desa Sangrawayang, Muhtar, tidak setuju dengan kegiatan yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 6—7 Oktober itu. 

Kabar itu kemudian diluruskan oleh Muhtar yang mengatakan bahwa dirinya tidak menolak aksi bersih-bersih yang dicanangkan oleh Pandawara Group.

Sebaliknya, dia justru mendukung kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan alam itu. Hanya saja, dirinya keberatan jika aksi tersebut diunggah di media sosial. 

Sekretaris Desa Sangrawayang Dede Mulyadi turut mengklarifikasi pernyataan kepala desanya terkait larangan kepada Pandawara Group untuk membersihkan Pantai Loji.

Menurut Dede, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) mendukung kegiatan Pandawara Group, bahkan mengerahkan seluruh unsur di desanya untuk terlibat dalam aksi tersebut. 

Namun, pada saat sekelompok pemuda asal Bandung itu datang ke Desa Sangrawayang dan mengobrol dengan pihak desa, dirinya tidak tahu jika mereka akan mengunggah video Pantai Loji di TikTok. 

Disebut pantai terkotor keempat

Dalam video TikTok tersebut, Pandawara Group menyebut bahwa Pantai Loji merupakan pantai terkotor nomor empat di Indonesia. 

"Hanya tidak dijelaskan (oleh) relawan peduli sampah itu akan di-upload ke TikTok atau bagaimana ke media biar ramai, kita enggak tahu soal itu ya," kata Muhtar sebagaimana dilansir dari Detik.com.

Muhtar juga mengakui keadaan Pantai Cibutun yang masih satu hamparan dengan Pantai Talanca, Loji, memang kotor oleh tumpukan sampah.

"Pribadi Pandawara itu ya, mungkin mereka tergugah dengan keadaan di pantai kita karena di pantai kita memang kotor, kotor keempat juga iya memang kotor, ya termasuk Desa Loji juga kan kotor ya pantainya," tambah Muhtar. 

Muhtar menyebut Pemdes Sangrawayang akan tetap menyambut kedatangan pemuda dari Pandawara Group dengan baik saat acara berlangsung nanti.

"Kalau pihak desa sih sangat menyambut, sangat diharapkan, keinginannya desa itu pengen bersih-bersih pantai ya, pengen lingkungannya bersih," pungkasnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR