10 Ide Kado Hari Ibu yang Berkesan Selain Peralatan Memasak

13 May 2024 00:05 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kado dengan bunga dan hiasan berbentuk hati. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember. Perayaan ini berbeda dengan “Mother’s Day” di Barat, meski jika diartikan menjadi “Hari Ibu”. Pada dasarnya, peringatan Hari Ibu tak hanya bagi orang tua perempuan saja, melainkan perempuan lain yang lebih tua sebagai bentuk panggilan hormat.

Jika menilik pada sejarahnya, organisasi perempuan dari 12 kota di Sumatera dan Jawa berkumpul untuk mendiskusikan hak perempuan pada 22-25 Desember 1928 pada Kongres Perempuan Pertama. Dengan kata lain, Hari Ibu mengandung makna pemberdayaan perempuan di berbagai bidang. 

Oleh karena itu, kamu bisa memberikan kado sederhana sekaligus mengesankan bagi ibu atau perempuan-perempuan lain di sekitarmu. Lantas, apa saja rekomendasi kado Hari Ibu? Simak penjelasannya berikut ini.

Ide kado Hari Ibu

  • Buket Bunga

Buket bunga adalah sesuatu yang sederhana, tetapi sangat bermakna. Pilih bunga yang disukai ibu atau memiliki filosofi mendalam. Misalnya bunga lili yang melambangkan kecantikan dan rasa hormat, anggrek yang mewakili kasih sayang ibu, dan lain sebagainya.

  • Akuarium dan Ikan

Akuarium dan ikan bisa menjadi pilihan kado yang bisa diberikan kepada ibu. Ibu tidak akan merasa bosan saat berada di rumah karena bisa merawat atau hanya sekadar melihat ikan saja. Selain itu, suara air dalam akuarium juga menjadi terapi untuk menenangkan dan mengurangi stress.

  • Pajangan Rumah

Apabila ibu suka mendekorasi rumah, maka kado pajangan rumah akan sangat berkesan baginya. Terlebih jika kamu memberikan pajangan yang sesuai dengan minat atau kesukaan ibu. Pilih bahan yang awet dan model yang menarik agar bisa mempercantik rumah.

  • Lukisan

Selain pajangan yang unik, kamu juga bisa memberikan lukisan sebagai kado Hari Ibu. Pilih lukisan yang disenangi oleh ibu, misalnya pemandangan, tokoh idola, dan lain sebagainya.

  • Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi bisa berfungsi sebagai pajangan ruangan sekaligus memberi efek tenang, damai, dan mampu mengurangi stress. Pilih aroma yang sesuai dengan kesukaan ibu seperti bunga sakura, vanila, cendana, sandalwood, eucalyptus, hingga lavender.

  • Dompet

Apakah kamu pernah melihat kondisi dompet ibu? Terkadang ibu tidak memperdulikan kondisi dompet yang rusak. Yang terpenting dompet tersebut masih bisa digunakan. Jadi, kamu bisa memberikan dompet kepada ibu sebagai wujud perhatianmu.

  • Scarf atau Syal

Scarf atau syal tentu akan sangat bermanfaat bagi ibu. Biasanya, bulan Desember identik dengan cuaca dan suhu yang dingin karena musim hujan. Dengan adanya scarf, ibu akan merasa lebih hangat. Pilih motif yang disukai ibu dan bahan yang lembut agar nyaman digunakan.

  • Voucher Staycation

Ibu juga bisa merasakan bosan dan jenuh dengan aktivitasnya, terlebih jika hanya berada di rumah. Kamu bisa mengajaknya staycation atau liburan untuk refreshing sehingga ibu tidak merasa stress lagi.

  • Buku Bacaan

Agar ibu tidak merasa bosan, kamu bisa memberi buku bacaan sesuai dengan minatnya. Kamu bisa memberikan buku terkenal atau yang masuk dalam wishlist-nya.

  • Scrapbook

Scrapbook berisi kenangan bersama keluarga tentu menjadi sesuatu yang menarik dan berkesan bagi ibu. Hadiah ini sekaligus mengingatkan ibu tentang momen yang sudah dilewati bersama.

Demikian ide kado Hari Ibu yang sederhana tetapi memiliki makna mendalam. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER