Kaesang Ingin Debat Cawapres Tanpa Didampingi Capres: Untuk Melihat Kualitasnya

4 Desember 2023 14:12 WIB

Narasi TV

Kaesang Pangarep dan Prabowo Subianto/ Antara

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

"Kalau tunggal, bisa melihat langsung kualitas calon wakil presiden. Aura calon presidennya hilang, jadi aura calon wakil presiden kelihatan."

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berharap debat calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 tidak didampingi oleh cawapres. Hal ini menurutnya agar masyarakat bisa melihat langsung kualitas seluruh cawapres.

"Dari saya pribadi ingin ada debat calon wakil presiden tunggal. Kalau sekarang calon wakil presiden tetap didampingi oleh calon presidennya, tapi menurut saya agak sedikit kurang untuk melihat kualitasnya," kata Kaesang dikutip Antara saat bertemu dengan para kader di Kediri, Jawa Timur, Minggu (11/4/2023).

Selain itu, putra bungsu Presiden Jokowi ini menyebut debat cawapres akan lebih menarik jika tidak didampingi oleh capres. Namun, kata Kaesang, berdasarkan informasi KPU dan pemberitaan yang beredar setiap capres-cawapres dianggap sebagai dwi tunggal sehingga harus berpasangan saat debat.

"Kalau tunggal, bisa melihat langsung kualitas calon wakil presiden. Aura calon presidennya hilang, jadi aura calon wakil presiden kelihatan," kata dia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menambahkan saat ini yang marak memang isu debat calon wakil presiden yang dibingkai atau framing seolah-olah hal itu ditiadakan untuk kepentingan Gibran Rakabuming Raka, yang maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

"Ketika isu ini beredar ada framing seolah-olah ditiadakan itu untuk kepentingan Gibran. Ini framing yang langsung dimainkan, padahal ini ada prosesnya, diskusi di antara KPU dan dengan pasangan semua calon," kata Grace.

Ia pun menambahkan, yang pertama kali meminta untuk ditiadakan adalah tim pasangan calon nomor urut 1. Menurut dia, hal itu ada minutes of meeting (catatan untuk melengkapi meeting).

"Yang pertama kali itu meminta justru (tim) pasangan calon nomor 1. Ada minutes of meetingnya, ada di grup, karena kami cukup rajin mencatat. Jika teman-teman terutama media, minta dibuka KPU siapa yang usulkan untuk ditiadakan. Jadi, framing yang minta (tidak ada debat calon wakil presiden) menguntungkan Mas Gibran itu ngawur," ujar dia.

Untuk itu, ia pun meminta semua pihak untuk mengecek data dan tidak mudah terhasut dengan framing negatif, sebab bagi yang ingin menang tentunya ingin menang dengan cara apapun.

Kaesang mengadakan kunjungan ke sejumlah lokasi di Jawa Timur, selama lima hari mulai 2-7 Desember 2023. Ada 12 daerah yang dikunjungi, antara lain Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Magetan, Kediri, Madiun, Malang, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Di Kediri, Kaesang juga sempat blusukan ke kediaman salah satu simpatisan PSI di Desa Datengan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Ia berkunjung ke rumah Agus Andriyanto, penderita kanker lidah, yang sebelumnya sempat viral di media sosial lantaran mengenakan kaos PSI.

Kedatangan Kaesang untuk memberikan bantuan dan support kepada Agus agar tetap bersemangat dan tersenyum. Selanjutnya, ia bertemu dengan para kader di salah satu rumah makan di Kota Kediri dan dialog langsung. Ia juga sempat silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR