Kampung Turis Pangandaran Terbakar, 3 Restoran Hangus Dilalap Api

3 September 2023 15:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penanganan kebakaran. (Sumber: Pexels/Pixabay)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Musibah kebakaran terjadi di kawasan Kampung Turis Pangandaran pada Kamis pagi, 31 Agustus 2023, akibatnya ada tiga kafe dan restoran pinggir pantai yang hangus terbakar.

Tiga kafe dan restoran yang terbakar tersebut yaitu Restoran Siti Mungil, Morgan, dan Hello Beach.

Kapolres Pangandaran AKBP Imara mengungkapkan bahwa pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran dan juga jumlah total kerugian.

"Kami masih telusuri apakah dari korsleting listrik, api kompor atau pun lainnya, kami masih dalam proses penyelidikan. Kerugian masih dihitung, belum ada korban jiwa," terang Iman dikutip dari CNN Indonesia.

Kebakaran akibatkan kerugian miliaran rupiah

Pemilik resto Rumah Makan Siti Mungin Arif Firman mengaku mengalami kerugian hingga miliaran rupiah karena kebakaran tersebut.

"Dulu membangun saja saya habis Rp3 miliar lebih, belum isian dan lain-lain dalam restoran," kata Arif kepada detik.com.

Arief mengungkapkan saat restorannya terbakar, ia sedang tidak berada di Pangandaran dan mendapatkan kabar jika restorannya terbakar dari salah satu pegawainya.

"Sewaktu kejadian saya sedang di Ciamis, dari sini tadi pagi sempat ke resto, anak-anak pekerja pun sudah ada. Sekitar pukul 08.30 WIB pagi pegawai memberitahukan bahwa kafe kebakaran. Saya sempat kaget sehingga tadi langsung telepon damkar dan BPBD untuk meminta pertolongan," ungkap Arief.

Sempat kesulitan memadamkan api

Anggota Damkar Pangandaran Gin Gin mengungkapan jika petugas sempat mengalami kesulitan dalam proses pemadaman, bahkan ada petugas yang nyaris pingsan.

"Tebalnya asap yang dibarengi angin kencang membuat kami kesulitan bernapas, dan susah mencari titik api yang membesar," jelas Gin Gin.

Gin Gin bahkan sempat hampir pingsan ketika berusaha memadamkan api.

"Saya pun tadi hampir pingsan di tengah pemadaman api, langsung ditarik anggota keluar dan diberikan oksigen," ungkapnya lagi

Kesulitan mendapatkan akses ke pasokan air serta minimnya petugas yang diterjunkan ke lokasi kebakaran juga mempersulit pemadam kebakaran untuk melakukan penanganan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR