Kapan Debat Pilpres ke-5 Dilaksanakan? Ini Jadwal dan Tema Debatnya

30 Januari 2024 10:01 WIB

Narasi TV

Tiga Capres dalam Debat pertama pada Selasa (12/12/2023). Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Debat Keempat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemilihan presiden (Pilpres) 2024 telah digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 lalu. Lantas, kapan jadwal debat ke-5 atau terakhir digelar?

Komisi Pemilihan Umum atau yang biasa disebut dengan KPU telah menetapkan bahwa debat Pilpres digelar sebanyak lima kali.

Tiga debat diperuntukkan bagi calon presiden dan dua debat lainnya diperuntukkan bagi para calon wakil presiden.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 03.

Kapan debat Pilpres ke-5?

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Debat kelima atau terakhir pemilu 2024 akan dilaksanakan 10 hari sebelum pemilihan umum.

Jadi untuk debat kelima ini akan digelar KPU pada Minggu, 4 Februari 2024, terkait lokasi pastinya belum diumumkan secara resmi.

Dalam debat kelima ini akan mempertemukan ketiga capres, yaitu Anies Baswedan capres nomor urut 01, Prabowo Subianto capres nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo sebagai capres nomor urut 03. 

Sementara itu, debat kelima Pilpres 2024 ini akan mengusung tema “Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.”

KPU juga telah membagi jadwal hak siar stasiun TV yang akan menayangkan debat capres kelima ini, yaitu TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Teknis debat kelima masih sama

Berdasarkan keterangan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa aturan teknis dan format debat kelima Pilpres 2024 masih sama seperti debat-debat sebelumnya.

"Format debat, termasuk penyelenggaranya, tetap. Tetap ada tim sukses pasangan calon yang jumlahnya 75 orang. Jadi, tetap," kata Hasyim menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Kamis (25.01.2024) mengutip Antara News. 

Pernyataan ini menyusul dengan adanya usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bahwa pelaksanaan debat tidak perlu lagi ada penonton.

Hasyim juga menjelaskan bahwa KPU sendiri telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan debat keempat yang berlangsung pada 21 Januari lalu.

"Nanti dalam kesempatan berikutnya, KPU akan melakukan rapat dengan TV penyelenggara debat terakhir yang kelima, dan nanti juga akan ada rapat selanjutnya yang mempertemukan KPU, tim pasangan calon, dan pihak televisi yang akan menyelenggarakan debat," jelas Hasyim.

 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR