Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Cek Tanggalnya di Sini

17 Feb 2024 17:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi muslim berdoa ketika malam Nisfu Syakban. (Sumber: Freepik/pch.vector)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bulan Syaban menjadi salah satu bulan yang dimuliakan dalam kalender Islam, pada bulan ini dianjurkan memperbanyak ibadah sunah, seperti puasa. Lantas kapan Nisfu Syakban 2024?

Mengutip dari laman NU Online, malam Nisfu Syaban adalah malam pertengah pada bulan Syakban. Malam istimewa tersebut dinamakan dengan lailatul bara'ah (malam penuh kesucian). 

Pada malam istimewa ini diyakini banyak keistimewaan yang dapat diraih di dalamnya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menjelaskan kemuliaan dari malam Nisfu Syakban yang dimanfaatkan oleh kalangan sahabat untuk berdoa dan meminta ampunan pada Allah Swt.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah saw. bersabda:

  إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ  

Artinya: Ketika malam Nisfu Syaban tiba, maka beribadahlah di malam harinya dan puasalah di siang harinya. Sebab, sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari. Kemudian Ia berfirman: “Ingatlah orang yang memohon ampunan kepadaKu maka Aku ampuni, ingatlah orang yang meminta rezeki kepada–Ku maka Aku beri rezeki, ingatlah orang yang meminta kesehatan kepada–Ku maka Aku beri kesehatan, ingatlah begini, ingatlah begini, sehingga fajar tiba (HR Ibnu Majah).

Kapan malam Nisfu Syakban 2024

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa malam Nisfu Syakban adalah malam pertengahan bulan Syakban. 

Jika merujuk pada kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama RI, tanggal 15 Syakban jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024.

Penetapan malam Nisfu Syakban 2024 juga diumumkan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LFPBNU) melalui surat bernomor 015/LF-PBNU/II/2024 tentang Awal Sya’ban 1445 H.

"Oleh karena itu, sudah dipastikan untuk awal Sya'ban 1445 H, dan juga bisa kita pastikan bahwa malam Nisfu Sya'ban 1445 H jatuh pada Sabtu malam Ahad, 24 Februari 2024 yang dimulai dari awal waktu Maghrib sampai sebelum awal waktu subuh,’’ ungkap KH Thobary Syadzily Ketua LF PWNU Banten, dikutip dari NU Online.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER